Bupati Siak Drs H Syamuar menanam padi perdana menggunakan mesin
Bupati Siak Drs H Syamuar menanam padi perdana menggunakan mesin

Siak (SegmenNews.com)– Untuk mengatasi masalah hama yang menyerang tanaman padi setiap tahunnya, petani padi Kecamatan Bungaraya melakukan penanaman padi secara serentak di 7 desa yang ada di Kecamatan Bungaraya.

Dalam hal ini, penanaman perdana dilakukan langsung oleh Bupati Siak Drs Syamsuar Msi didamping sejumlah kepala Dinas yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Siak, Senin (10/3/2013).

Pada kesempatan tersebut Syamsuar mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan Siak sebagai daerah lumbung pangan. Dalam pelaksanaannya, petani juga berkerja sama dengan unsur lain yang berkaitan.

Ditambahkannya, petani terlebih dahulu membuat kesepakatan untuk melakukan penanaman serentak. Pendapat tersebut sangat didukung oleh pemerintah Kabupaten Siak, hingga penanaman kali ini dilakukan. Harapannya hasil panennya nanti bisa lebih memuaskan

“Di tahun 2013 ini, Pemkab Siak telah membuat konsep jitu dengan bekerja sama dengan ITB. Langkah yang akan dilakukan yakni, membuat uji coba pada satu hektar lahan padi dengan mengunakan berbagai jenis pupuk,” ungkap Syamsuar

Dari berbagai jenis pupuk yang akan digunakan dalam satu hektar lahan padi nantinya, pupuk yang mana yang lebih baik, maka pupuk itulah nantinya akan di pergunakan seterusnya oleh petani padi nantinya.

Sementara, Kadis Pertanian Kabupaten Siak Robiati menyampaikan, pihaknya sangat mengapreiasi terhadap langkah pengembanag tanaman padi yang sudah mengarah kepada moderisasi pertanian, seperti dengan dilengkapinya berbagai perlengkapan pengolahan penanam padi. Dari jumlah 63 kelompok tani kini mampu mengolah lahan seluas 2345 Hektar

“Dari hasil pengamatan Dinas Prtanian yang telah dilakukan, bahwa tingkat kesuburan tanah sudah mulai berkurang disebabkan zat asam sudah mulai meningkat, tentunya persolaan ini harus kita atasi bersama guna mendogkrak hasil panen petani padi itu sendiri,” terang Robiati. (rinto)