isgPekanbaru (SegmenNews.com)– Cabang Olahraga Taekwondo akhir April 2013 bakal tes ivent. Tes ivent tersebut merupakan salah satu langkah persiapan menjelang pelaksanaan Islamic Solidarty Games (ISG) III 6-17 Juni 2013.

Dalam tes ivent tersebut akan melihat sejauh mana kesiapan para panitia pelaksana (panpel) cabor taekwondo menjelang multi ivent negara-negara islam tersebut.

Wakil Ketua Panitia ISG cabor taekwondo, Cepriadi, Kamis (14/03) di sekertariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau. Tes ivent tersebut nantinya berupa Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) yang akan diikuti Provinsi yang ada di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa yang akan digelar di Gelanggang Remaja.

“Jadi, Kejurwil ini merupakan salah satu kegiatan yang merupakan tes ivent untuk persipan kita dalam menghadapi ISG nanti,” katanya.

Tes ivent ini memang sangat diperlukan. Pasalnya ISG merupakan multi ivent internasional yang perlu persiapan matang. Hingga saat ini sudah 23 negara islam yang memastikan akan mengikuti olahraga asal Korea ini.

Dalam Kejurwil ataub tes ivent tersebut akan mempertandingkan nomor-nomor yang juga dipertandingkan pada ISG nantinya seperti katagori poomsae dan kyurugi.

Untuk Riau sendiri nantinya akan menurunkan atlet atlet inti yang didominasi oleh atlet-atlet yang turun pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 lalu. Namun, diakui Cepriadi
Untuk saat ini atlet Riau sendiri belum memastikan siapa saja yang akan ikut dan saat ini dalam tahap seleksi.

Tes ivent juga melibatkan Pengurus Besar (PB) Taekwondo Indonesia. Sementara itu, untuk peralatan yang akan dipergunakan dalam ISG nantinya, pihak panitia akan mempergunakan peralatan terbaru yang didatangkan dari PB TI dan dilengkapi dengan peralatan yang juga dipergunakan pada PON lalu.

“Untuk peralat di ISG nanti akan mempergunakan peralatan yang didatangkan dari PB TI. Peratan tersebut peratan elektronik terbaru seperti peralatan elektronik yang kita gunakan pada PON 2012 lalu,” tutupnya (ur/gus)