Bupati Achmad beserta Wabup Hafith Syuki saat melakukan perekaman e-KTP
Bupati Achmad beserta Wabup Hafith Syuki saat melakukan perekaman e-KTP

Rokan Hulu (SegmenNews.com)–  Menjelang Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2013, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu lakukan validasi Data Pendudukan Potensi Pemilihan Pemilu (DP4) Pilgubri.

Dikatakan Kadisdukcapil, Yusmar MSi kemarin pihaknya telah menyerahkan DP4 pemilihan Legislatif Februari lalu. Data tersebut tentunya akan menambah partisifasi hak pilih masyarakat dalam Pilgubri mendatang.

“Meski dilakukan Validasi DP4, jumlah DP4 Pilgubri Rokan Hulu tidak akan berbeda dari DP4 Legislatif, yang sebelumnya telah siserahkan sebanyak 400.083 jiwa,” sampai Yusmar.

lanjutnya, perubahan DP4 nantinya akan dipengaruhi dari kedinamisan pergerakan penduduk. Seperti, penduduk yang meninggal, perpindahan penduduk serta penduduk yang telah menikah seblum berumur 17 tahun.

Meski akan melakukan Validasi data DP4, Disdukcapil masih menunggu kapan validasi DP4 Pilgubri akan diserahkan ke KPUD Riau.

“Penyerahan DP4, kita masih menunggu instruksi KPUD,” ujarnya.

Menurut Yusmar, data DP4 berdasarkan perekaman e-KTP. Kita harapkan masyarakat yang belum melakukan perekaman agar segera melakukannya di kantor camat setempat agar mendapatkan hak pilih pada Pilgubri mendatang,” imbau Yusmar (adv/hum)