Distan Vaksinasi hewan
Distan Vaksinasi hewan

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Mencegah penularan rabies ke manusia, Minggu (18/3/2013) Dinas Pertanian Kota Pekanbaru menggelar vaksinasi masal bagi Hewan Penular Rabies (HPR) di Jalan Among, Fajar Ujung Kelurahan Labuh Baru Barat. Warga terlihat antusia membawa hewan peliharaannya anjing dan kucing untuk disuntik rabies.

Rita, Staf Keswan Veteriner Distan Pekanbaru mengatakan vaksinasi yang di gelar di Jalan Among memang menjadi salah satu target dari 4 lokasi penyebaran rabies terbesar di Pekanbaru. “Ada 76 ekor anjing dan kucing yang sudah kita suntik dalam dua jam tuntas,” ujar Rita.

Menurutnya, di Kota Pekanbaru penyebaran rabies berbeda di masing-masing Kecamatan tergantung kepadatan penduduknya. “Daerah rawan penyebaran rabies karena populasi HPR nya besar, ada di 4 Kecamatan di Pekanbaru yakni Payung Sekaki, Rumbai, Rumbai Pesisir, dan Tenayan Raya,” ujarnya.

Makanya, lanjut Rita, Distan kini lebih pro aktif untuk melakukan vaksinasi, baik di minta maupun langsung mengunjungi warga dari rumah ke rumah. “Seperti hari ini warga bisa secara kolektif meminta Distan datang untuk melakukan vaksinasi hewan peliharaan mereka,” ulasnya.

Ia juga menyatakan selain inisiatif warga, Distan juga membuka posko penyuntikan hewan di 4 Kecamatan di Pekanbaru. “Kita bekerjasama dengan pihak Keluarahan melakukan vaksinasi gratis. Ini dilakukan untuk mengejar target pemerintah bebas rabies 3 tahun mendatang,” tandas Rita.

Rai, seorang warga Jalan Among, pemilik anjing yang di vaksin rabies, bersyukur dengan digelarnya vaksinasi masal ini. Karena ia mengakui kerepotan jika harus membawa 4 ekor anjingnya ke Distan untuk di vaksin. “Dengan didatangi seperti ini kita terbantu, selain gratis lagi,” ujarnya gembira. (ur/r4n)