Bupati Harris tinjau PLTG Pelalawan
Bupati Harris tinjau PLTG Pelalawan

Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)– Rencana Bupati Pelalawan HM. Harris melounching PLTG Langgam Power pada pertengahan April mendatang tinggal menunggu waktu. Pasalnya sejauh ini pengerjaan rampung 85 persen.

“Dilihat dari pembangunan PLTG ini, Insya Allah rencana lounching kita pada April mendatang bisa dilaksanakan,” sampai Bupati Pelalawan HM. Harris saat mengunjungi PLTG Langgam Power, Senin (18/3).

Kunjungan itu juga di ikuti oleh Direktur PT. Navigate Enegry Othman El Boukhsimi.PT. Langgam Power sebagai penyedia listrik dengan kapasitas sementara 15 Mega Watt ini, merupakan perusahaan patungan antara PT. Navigate Energy dengan BUMD Tuah Sekata.

Kelima mesin pembangkit dengan kapasitas masing-masing 3 Wega Watt sudah terpasang didudukannya, dan bangunan rumah mesinpun sudah siap dipasang.

Pihak PT. Navigate Energy sebagai pelaksana pembangunan PLTG Langgam Power ini optimis, pada awal April nanti pembangunan fisik PLTG Langgam selesai.

“Untuk konstruksi PLTG diluar pemasangan pipa gas itu sudah mencapai 85 persen. Kita optimis awal April pembangunannya sudah selesai,” ungkap Projeck Manager PT. Navigate Enery Fery Sibarani.

Sementara untuk pemasangan pipa gas sepanjang 200 meter dari PT. Kalila ke pembangkit PLTG ini, memang belum terpasang. Bupati Harris mengatakan hingga saat ini, pihaknya bersama PT. Navigate Ennergy masih melakukan negosiasi dengan kontraktor pemasangan pipa gas tersebut.

“Pihak untuk pemasang pipa gas ini lain lagi kontraktornya. Mereka (kontraktor pemasangan pipa) meminta Rp. 4 Milyar lebih untuk pemasangan pipa gas sepanjang 200 meter dari PT. Kalila ke Langgam Power ini. Itu masih kita negosiasikan, “ terang Bupati Harris.

Sementara dari pantuan dilapangan, hingga saat ini tiang PLN menuju pembangkit PLTG Langgam Power masih banyak yang belum terpasang. Namun Bupati Harris mengaku, hal itu merupakan tanggung jawab PLN.

“Masalah jaringan PLN itu, tidak ada masalah itu merupakan tanggung jawab mereka (PLN), dan mereka sudah menyanggupi,” kata Harris.

Direktur PT. Navigate Enegry Othman El Boukhsimi, mengatakan, untuk 5 unit mesin pembangkit dengan kapasitas total 15 Mega Watt ini sudah tidak ada masalah. Pihaknya, saat ini sedang fokus pembangunan tahap 2 PLTG Langgam Power.

Pembangunan pembangkit tahap 2 ini, direncanakan juga sebanyak lima unit pembangkit dengan kapasitas total 15 Mega Watt juga. Sementara lokasi pembangunan tahap 2 direncanakan sebalah barat, atau disamping 5 unit pembangkit yang sudah terpasang saat ini.

Louncing PLTG Langgam Power yang merupakan program Pelalawan Terang ini, direncanakan akan dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan pada pertengahan April mendatang. Menteri Dahlan Iskan sendiri direncakan datang ke Pelalawan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang ke 3 tinggal Provinsi Riau, yang dijadwalkan pada pertengahan April mendatang. (dn/rz)