Bupati Achma, wabup Hafith Syukri beserta staf BPBD Rohul
Bupati Achma, wabup Hafith Syukri beserta staf BPBD Rohul

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Hari Ulang Tahun (HUT) ke-94 Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Rokan Hulu dipimpin langsung Bupati Rohul, Drs H Achmad Msi bertempat di halaman Kantor Bupati Rohul, Senin (18/3/13).

Usai upacara tim Damkar badan Penaggulangan Bencana Rohul melakukan simulasi pemadaman kebakaran. Saat api menjulang tim Damkar muai melakukan kekkompakan dalam pemadaman api dengan cekatan.

Sambutan Mendagri gamawan fauzi yang dibacakan Bupati memaparkan tentang konteks penanganan kebakaran yang di rangkum dalam tiga pokok utama. Yakni, regulasi aparatur penguatan kelembagaan, peran serta masyakat seperti Ormas, mahasiswa, LSM, pemuda, dunia usaha dan mutu Standart Pelayanan Minimal (SPM).

Mesti harus bebas pencemaran asap dengan mengurangi titik hotspot, setidaknya dalam tahun 2013 ini, target kinerjanya harus bisa menurunkan titik hostpot minimal 20 persen tiap tahunnya. Sesaui moto Damkar “ Pantang Pulang Sebelum Api Padam, Damkar Jaya Indonesia Jaya”.

Usai upacara, kepada wartawan, Bupati menyampaikan, bahwa antisipasi pencegahan kebakaran diperlukan tata kelola kota demi keselamatan bangunan dan masyarakat. Selain itu masyarakat juga dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap peralatan rumah tangga yang dapat menimbulkan kebakaran.

Ditegaskan Bupati, agar tim pemadam kebakaran terlatih dan cekatan dalam pemadaman. Dilakukan simulasi pemadaman kebakaran setiap 3 bulan sekali.

“Tima pemadam kebakaran akan melakukan simulasi pemadaman kebakaran setiap tiga bulan sekali, hal itu agar tim tetap dalam kondisi prima dan lebih cekatan dalam melaksanakan tugas tanpa ada keragu-raguanm,” ujar Bupati.

Disampaikan Bupati lagi, kerja keras tim pemadan Kebakaran yang penuh tantangan, Pemda telah memberikan asuransi kepada tim, begitu juta insentif bagi tim.

Disamping itu, disebabkan masih minimnya fasilitas kendaraan Damkar di kabupaten Rokan Hulu, maka bupati juga meminta kepada pihak dunia usaha termasuk perusahaan untuk berpartisifasi dalam penyediaan alat dan fasilitas pemadam Kebakaran.

Kepala BPBD Rohul Aceng Herdiana, ST, MT mengaku Rohul masih kekurangan kendaraan damkar, dengan fasilitas Damkar yang hanya ada 4 unit tersebut belum mencukupi untuk mengantisifasi kebakaran. Pasalnya kabupaten Rokan Hulu memiliki 16 kecamatan yang jaraknya juga cukup jauh.

“Damkar kita hanya ada 4 dengan jumlah personil 27 orang. Kita mesih kekurangan Damkar untuk itu kita terus mengupayakan bantuan dari pusat juga kepada pelaku usaha,” ujar Aceng. (adv/humas)