Petugas berusaha memadamkan api yan kian melebar
Petugas berusaha memadamkan api yan kian melebar

Dayun (SegmenNews.com)– Senin (18/3/13), tim pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar lahan gambut milik masyarakat seluas 3 Hektar (Ha). Dalam pemadaman tersebut, Camat Dayun Marwoto dan Kabid Pemadam Kebakaran Siak Irwan Pryatna tampak turun ke lokasi dan ikut membantu memadamkan api.

Keterangan Camat Dayun Marwoto kepada wartawan yang ikut serta turun ke lokasi kebakaran bahwa, api belum diketahui berasal dari mana dan tentunya harus segera dipadamkan karena berpotensi meluas ke hutan dan perkebunan masyarakat.

“Kita belum mengetahui penyebab terbakarnya lahan gambut ini, yang jelas kita lakukan pemadaman terlebih dahulu agar kebakaran tidak meluas dan banyak meninbulkan asap sehingga menganggu pernafasan,” terang Camat Dayun.

Selain itu Camat Dayun juga menghimbau masyarakat agar tidak sembarangan membakar lahan, karena dapat merusak alam, apa lagi dibelakang areal tersebut sangat dekat dengan hutan blukar dan perkebunan sawit masyarakat, sementara lahan yang ada adalah tanah gambut, jika sudah terbakar maka perlu upaya keras untuk memadamkannya.

Kabid Pemadam Kebakaran Siak Irwan Pryatna menatakan, dalam 2 minggu terakhir sudah 7 kali terjadi kebakaran lahan, hal itu terjadi di empat kecamatan yakni, Kecamatan Koto Gasib, Mempura, Sungai Apit dan kali ini di kecamatan Dayun.

“Dalam 2 hari yang lalu ada 3 kali kebakaran di kecamatan Sungai Apit, untuk itu kami berharap untuk bersama-sama menjaga hutan dan lahan agar tidak terjadi kebakaran,” terang Irwan.

Selain itu dikatakan Irwan bahwan jangan sampai melakukan pembakaran lahan secara sengaja, karena ada hukumannya, jika ketahuan maka akan dijatuhi hukuman setimpal dengan kerugian negara akibat kebakaran yang terjadi.(rinto)