bup siakSiak (SegmenNews.com)- Bertempat di lantai II Aula Indra Pahlawan Room Kantor Bupati Siak, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Siak menggelar rapat pertemuan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak. Pertemuan yang dimulai Senin (18/3) hingga Jumat (22/3) ini membahas pelaksanaan program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Siak.

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M. Si dalam sekapur sirihnya menyebutkan, berbagai program dan rencana pembangunan yang diusulkan dan disampaikan oleh masing-masing SKPD dan Camat perlu dievaluasi dan dikaji secara detail. Sehingga pelaksanaannya nanti tidak muncul kendala dan masalah di lapangan seperti persoalan lahan untuk pelaksanaan pembangunan yang direncanakan.

“Jangan sampai pembangunan yang akan dilaksanakan SKPD terganjal persoalan lahan, sementara alokasi anggaran untuk pembangunannya sudah tercover dan dialokasikan dalam APBD,” kata Bupati.

Untuk itu, sebelum mengajukan usulan SKPD harus memastikan terlebih dahulu penyediaan lahannya. “Jangan asal usul,” singkat Bupati Syamsuar mengingatkan.

Masih terkait persoalan lahan, untuk kelancaran pelaksanaan pembangunan maka sebisa mungkin SKPD terkait menggunakan lahan milik pemerintah karena pengurusannya lebih mudah. Namun jika harus menggunakan lahan bukan milik pemerintah, SKPD harus pandai mendekati dan merangkul masyarakat dalam pelepasan lahan.

Kegiatan yang diusulkan oleh SKPD diharapkan Bupati untuk memprioritaskan lahan yang ada. “Yang diusulkan harus jelas dulu lahannya. Jangan sampai ketika mau membangun saat itu pula mengutus pembebasan lahan, walau pun skala prioritas,” tutup Bupati. (rin)