Pekanbaru (SegmenNews.com)– Formasi penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, dipastikan tidak ada bagi tamatan SLTA/sederajat. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Administrasi dan Kepegawaian BKD Riau Raja Agustiarman.

“Kalau yang kita ajukan ke BKN pusat tidak ada untuk tamatan SLTA yang ada D3, S1 dan S2. Kan anjurannya memang seperti itu, kecuali ada hal khusus,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Rabu (20/3).

Lanjutnya, formasi yang diajukan berjumlah 724 orang. Jumlah penerimaan tergantung pusat dan akan disesuaikan dengan analisa jabatan kebutuhan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Formasinya 724 yang diusulkan, belum tahu disetujui, makanya kita mau melakukan pendataan pegawai, bisa jadi berkembang. Disesuaikan dengan anjab jadi sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya lebih lanjut.

Penerimaan CPNS ini untuk semua bidang. Tetapi paling banyak di bidang kesehatan dan pendidikan. Formasi tersebut diterangkan Agustiarman lagi, mendekati anjab karena masih ada anjab yang belum selesai maka hanya bisa disebutkan mendekati.

Untuk di Kabupaten/kota sendiri menyampaikan usulan langsung ke pusat dan hanya mengirimkan tembusan ke provinsi. Saat ini sudah ada empat kabupaten/kota yang mengirimkan tembusan ke Provinsi yakni Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hilir dan Meranti.

“Sudah ada empat kabupaten/kota yang mengirimkan tembusan kekita. Tapi untuk usulan mereka langsung menyerahkan ke pusat,” imbuhnya.

Seperti yang diketahui, tahun 2013 ini Kemenpan-RB mengeluarkan kebijakan untuk merekrut 60 ribu tenaga CPNS baru di tingkat pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Pemda). Rincian kuota CPNS yang akan diterima itu yakni, 40 ribu untuk di seluruh Pemda di Indonesia dan 20 ribu untuk di tingkat pusat. (rn/ur)