Kadisdikpora Rohul, HM Zen M,MPd
Kadisdikpora Rohul, HM Zen M,MPd

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Sesuai peraturan pola Penerimaan Siswa Baru (PSB) bebas tidak melalui tes, Penerimaan Siswa Sekolah Dasar (SD) hingga SMA di kabupaten Rokan Hulu di tahun 2013 diprioritaskan bagi warga sekitar sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Disdikpora Rohul, HM Zen M,MPd, Rabu (20/3/2013) sata rapat guru dan Kepsek di aula Kantor Disdikpora, Pasirpangaraian.

Menurut M Zen dengan pola penerimaan baru itu maka akan menekan terjadinya pungutan pada PSB. Sebab selama ini siswa yang masuk kesekolah berasal dari berbagai Desa dan Daerah luar. Padahal masyarakat sekitar belum mendapatkan tempat.

Penerimaan siswa tahun ini juga tidak berlama-lama, sebab jika penerimaan siswa baru masyarakat sekitar telah mencukupi untuk ruang belajar yang ada, maka penerimaan akan ditutup. Namun jika masih kurang baru bisa menerima siswa dari Desa sebelah.

“Kalau sudah penuh penerimaan tutup. Sebab siswa sekitar yang mendaftar langsung diterima tanpa ada tes,” ujar M Zen.

Disamping itu M Zen juga memaparkan tentang pembiatan RKS harus sesuai kebutuhan sekolah, Pelaksanaan MoU dengan Manager Kabupaten, membuat laporan 10 setelah dana BOSda di cairkan.

Untuk itu dia menghimbau kepada kepala sekolah segera menyelesaikan SPJ agar dana bisa di ajukan. Sebab BOSda akan diajukan hari ini. Dengan nilai Rp 10 miliar untuk 66 sekolah tingkat SLTA.

Penyalurannya langsung ke rekening sekolah, sesuai Rencana Anggaran Sekolah RKA.

Sementar itu dana bagi guru sertifikasi 2013 akan disalurkan dari pusat kesekolah, sekolah wajib mengirim data guru sesuai aplikasi yang di buat. Apabila data tidak lengkap maka guru tersebut tidak akan dapat dana. Total yang guru sertifikai sebanyak 1100 orang dari jumlah keseluruhan 2600 guru. (r4n)