Bupati Achmad menerima penghargaan dari IBI Rohul
Bupati Achmad menerima penghargaan dari IBI Rohul

Rokan Hulu (Segmennews.com)– Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Drs H Anhmad msi mengharapkan Peran Organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dapat memberikan pembinaan yang lebih kepada para bidan. Sehingga bidan lebih profesional dalam menjalankan tugas hingga ke pedesaan.

Hal itu disampaikan Bupati saat membuka Pra Kongres IBI se-Riau dan seminar Ilmiah Kesehatan bertempat di hotel Sapadia, PasirPangaraian, Senin (25/3/2013).

Menurut dengan adanya peran IBI ini, tentunya sangat dibutuhkan bagi bidan sebagai tenaga medis dalam menjalankan tugas. Bidan juga harus bisa memanfaatkan peran IBI dalam penambahan wawasan dan meniti karir.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Rohul menyambut baik atas terlaksananya seminar ini, dalam rangka menuju keprofesionalisme, Supaya pelayanan Bidan dapat dijalankan lebih baik serta menanamkan dalam diri akan pelayanan harus lebih baik dari hari kemarin,” sampainya.

Seluruh bidan di Riau yang hadir pada acara ini di harapkan terus membenahi segala kekurangan untuk mencapai keprofesionalismean dalam memberikan pelayanan masyarakat khususnya dibidang kesehatan.

Bidan juga harus jujur dalam menangani pasien. Jika masih bisa ditangani dan diobati hendaknya di sampaikan kepada pasien, namun jika debaliknya, maka bidan harus segera menyarankan pasien untuk di rujuk ke rumah sakit agar pasien terselamatkan.

Bupati berpesan kepada bidan, selain bertugas di bidang kesehatan bidan juga berperan sebagai kader pembangunan di pedesaan. Pasalnya, bidan juga adalah tokoh utama dipedesaan yang mempunyai peran penting dalam pencanangan keluarga Berencana (KB).

Pemda Rohul terus melakukan peningkatan di bidang kesehatan, baik itu sarana parasarana, insfrastruktur dan lainnya. Diharapkan peran bidan juga dapat membantu menekan angka kematian bayi dan ibu serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Bidan harus saling bahu membahu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Bupati.

Kegiatan Pra Kongres IBI se-Provinsi Riau dan Seminar Ilmiah Kesehatan yang bertema “Aksi nyata Bidan dalam mendukung percepatan pencapaian MDG`S 2015” tersebut di hadiri Ketua IBI pusat dan Riau serta Forkopimda, kepala badan dan kantor. (adv/humas)