Salah satu pencemaran limbah PT Inecda
Salah satu pencemaran limbah PT Inecda

Indragiri Hulu (SegmenNews.com)– Limbah pabrik kelapa sawit (PKS) milik PT Inecda Plantations, diduga telah mencemati Sungai Hitam. Pasalnya, pipa saluran pada instalasi pengelohan limbah PKS milik anak perusahaan PT Samsung dan Ganda Grup itu tersumbat dan pecah, sehingga limbah kental di kolam I meluap ke kanal yang ada disekitarnya.

Kanal-kanal yang ada disekitar PKS tersebut bermuara ke Sungai Hitam, Desa Petala Bumi, Kecamatan Seberida. Sungai Hitam itu sendiri bermuara ke Sungai Batang Cenaku, Kecamatan Seberida.

Informasi yang dirangkum kapurnews.com di lapangan, peristiwa itu terjadi pada Kamis malam (21/3). Limbah mengandung minyak yang belum melewati pengolahan pada Ipal itu tumpah dan meluap.

Luapan limbah itu mengalir ke kanal-kanal yang ada di sekitar PKS. Sementara, air pada kanal tersebut mengalir ke Sungai Hitam yang melintasi Desa Petala Bumi, Kelurahan Pangkalan Kasai dan bermuara ke Sungai Batang Cenaku.

Kemudian informasi lainnya, pada Jumat (22/3), karyawan PKS tersebut menyedot kembali limbah yang tumpah ke kanal menggunakan mesin pompa. Upaya itu, tentunya tidak membuahkan hasil yang maksimal dan pencemaran lingkungan tetap saja terjadi.

Tidak itu saja, ribuan ikan mati di kanal-kanal tersebut. Oleh karyawan perusahaan tersebut, ikan-ikan dipunggut kembali agar tidak diketahui masyarakat dan pihak berwajib.

Sementara pantauan kapurnews.com di lapangan, Senin siang (25/3), pihak perusahaan masih terlihat membersihkan kanal yang berada di depan PKS menggunakan alat berat. Bau menyengat masih tercium ketika melintas di depan PKS tersebut.

Suyana, Sekretaris Desa Petala Bumi, Kecamatan Seberida, ketika diminta tanggapannya mengaku belum mengetahui terjadi pencemaran Sungai Hitam tersebut.(rn/knc/snc)