agus martowardojo
agus martowardojo

Jakarta (SegmenNews.com)– Menteri Keuangan Agus Martowardojo akhirnya disetujui Komisi XI DPR-RI untuk menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Darmin Nasution yang masa jabatannya akan habis 22 Mei 2013 mendatang.

Hasil ini diperoleh setelah 54 dari 55 anggota Komisi XI DPR melakukan voting tertutup, setelah rapat selama 7 jam sejak pukul 13.00 WIB berjalan alot.

Dari 54 anggota yang hadir, sebanyak 46 suara setuju, 7 suara tidak setuju, dan 1 suara abstain.
Demikian hasil rapat Komisi XI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Agus Marto memang lama berkecimpung di dunia perbankan nasional. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani pada 2010, Agus merupakan Direktur Utama Bank Mandiri sejak 2005. Pria kelahiran Amsterdam 24 Januari 1956 ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Permata selama tiga tahun.

Pada 2008 lalu, Agus Marto pernah gagal dipilih oleh Komisi XI DPR saat dicalonkan menjadi Gubernur BI bersama Raden Pardede. Di kalangan pegawainya di Kementerian Keuangan, Agus Marto dikenal sebagai sosok yang giat dan tak kenal lelah. Sifat ini memang telah dikenal sejak Agus Marto memimpin Bank Mandiri. (dtc/snc)