Bupati Rohul buka pencanangan IBI KB Kes
Bupati Rohul buka pencanangan IBI KB Kes

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Bidan sebagai motor penggerak kesehatan terus mengumandangkan program Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB-Kes) hingga ke pelosok Desa. Begitu juga Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu terus memberikan pengobatan gratis hingga tahun-tahun berikutnya di RSUD bagi masyarakat Kurang Mampu.

Hal itu disampaikan Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi, Selasa (26/3/2013) di acara Pencanangan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB-Kes bertempat di taman kota PasirPangaraian yang diikuti oleh ratusan Bidan se-Riau.

Menurut Bupati pelayanan kesehatan adalah juga Program Pemda Rohul dalam meningkatkan derajat masyarakat di bidang kesehatan. Oleh itu Pemda telah mendirikan pos kesehatan di berbagai Desa termasuk (Poskesdes) serta menekankan akan pentingnya ber KB.

Sementara itu KB-Kes Pusat, Dr Ermi Nurjasmi menghimbau agar IBI melaksanakan pengobatan gratis bagi masyarakat kurang mampu, namun kegiatan itu tak lepas dari dukungan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), IBI dan Pemerintah Daerah.

“Kita mengajak seluruh pihak terkait agar bergabung memberikan kualitas pelayanan KB-Kes kepada masyarakat,” ajak Ermi.

Dilanjutkannya bahwa hingga saat ini bidan di Indonesia terdapat 250 ribu bidan. 70 ribu bidan diantaranya telah menempati pedesaan. Bidan selaku motor kesehatan, maka harus bisa berperan disetiap tingkatan kesehatan hingga ke pedesaan.

Kegiatan Pencanangan IBI, KB-Kes yang dilaksanakan selama 3 bulan di kabupaten Rokan Hulu menargetkan pelayanan kesehatan pada bulan Bhakti IBI ini.

“Kita akan mengumpulkan data pada kegiatan bulan Bhakti IBI 2013 di setiap Daerah dan akan di evaluasi guna peningkatan pelayanannya,” urainya.

Diacara itu Bupati Rohul, Wabup Rohul, Ir Hafith Syukri MM beserta Kepala BKKBN pusat, Wicaksono, IBI Riau dan Rohul serta SKPD Rohul, pihak kepolisian kejaksaan, pengadilan meninjau pengobatan gratis bagi masyarakat lanjut usia. (adv/humas)