photo detikcom
photo detikcom

Medan (SegmenNews.com)– Satu unit kapal pesiar pribadi musnah terbakar di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sementara kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Kapal Motor (KM) Salima yang diketahui milik seorang warga Jepang bernama Suzuki, terbakar pada Selasa (26/3/2013) sekitar pukul 11.30 WIB. Masih belum diketahui apa pemicu kebakaran, namun diduga dari ruang mesin.

Saat terbakar, kapal itu sedang naik dok. Tengah perbaikan karena masalah kebocoran di salah satu galangan kapal yang berada di Jalan Ahmad Dahlan, Sibolga. Tidak ada orang yang tengah berada di kapal, dan mesin kapal juga dalam keadaan mati.

Api diketahui mulai menyala dari salah satu ruangan di dalam kapal, dan kemudian membakar seluruh kapal. Posisi kapal yang berada di pinggiran laut sehingga angin kencang, dan bahan kapal yang terbuat dari fiberglass, membuat api menyala hebat. Asap hitam dari kapal ini menjulang hingga ketinggian lebih dari 30 meter.

Akibat kebakaran ini, kapal-kapal nelayan yang berada di sekitar galangan tersebut terpaksa dipindahkan, khawatir api semakin membesar dan merembet kemana-mana. Api baru berhasil dipadamkan sekitar setengah jam setelah mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Kepolisian Sektor Sibolga Selatan yang berada di lokasi sudah melakukan penyelidikan. Keterangan beberapa saksi sudah diminta, namun masih belum bisa dipastikan apa penyebab kebakaran itu.

“Sumber api masih belum diketahui, masih dalam penyelidikan,” kata Kapolsek Sibolga Selatan, AKP D. Habeahan kepada wartawan di lokasi kejadian. (dtc/snc)