Bupati Bengkalis Sidak PNS
Bupati Bengkalis Sidak PNS

Bengkalis (SegmenNews.com)- Masih banyak PNS di lingkungan Pemkab Bengkalis yang bertindak curang soal absensi atau kehadiran. Di daftar absensi hadir tapi kenyataannya yang bersangkutan tidak berada di tempat.

Kondisi ini sontak membuat Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno geleng-geleng kepala saat melakukan sidak ke sejumlah ruangan di lingkungan kantor Bupati Bengkalis, Selasa (26/3/2013).

Suayatno bersama dengan staf Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bengkalis mengabsensi satu persatu daftar hadir Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dimulai dari ruangan Kepala Bagian (Kabag) Humas Setdakab Bengkalis, Bagian Keuangan, PDE, Penyusunan Program, dan sejumlah ruangan sampai dengan bagian perbendaharaan keuangan.

Dari Sidak itu juga, banyak ditemukan sejumlah PNS yang isi absen namun tidak berada di tempat. Tak jarang juga ada yang bertugas di luar atau dinas luar, namun absensinya tetap ditandatangani tanpa surat pemberitahuan.

Ditemui di sela-sela usai Sidak dan absensi PNS di lingkungan kantor Bupati, Suayatno didampingi Asisten II Setdakab Bengkalis H Arianto, staf ahli Bupati Zulfan Herri, dan sejumlah pejabat BKD mengatakan, dari hasil pantauan Sidak kali ini secara umum tetap bagus, kendati demikian Suayatno tak memungkiri, jika ada sebagain PNS yang tidak ada diruangan, namun absensinya tertulis hadir.

“Nah itu sebenarnya sudah menyalahi aturan kepegawaian, dan akan kita panggil. Kita akan tertibkan hal ini, intinya Sidak yang kita laksanakan ini tidak lain bertujuan meningkatkan kedisiplinan PNS, kita akan panggil Kepala Bagian melalui Sekretaris Daerah, untuk bersama-sama menertibkannya,”kata Suayatno.

Apakah Sidak yang dilaksanakan ini akan berkelanjutan, atau sekedar pasca temuan-temuan masalah yang berkaitan PNS nyabu dikantor Bupati, Suayatno dengan tegas mengatakan, tidak ada hubungannya dengan oknum PNS terlibat Narkoba, akan tetapi Sidak yang dilaksanakan diharapkan nantinya rutin dilaksanakan.

“Insya Allah, kalau panjang umur kita lanjutkan terus Sidak ini. Memang dari temuan ada sejumlah PNS yang tidak jujur, nah kedepan diharapkan bagi yang memanggar akan kita tindak, sebelumnya juga akan diberitahukan, terkadang mereka sudah hadir, namun tidak masuk kantor, tapi tanda tangan absen, tentunya hal ini perlu menjadi perhatian kita dan harus ditindak lanjuti,” paparnya. (adv/rilis)