Andar Amin Harahap
Andar Amin Harahap

SIDIMPUAN (SegmenNews.com)– Desakan dari sejumlah pihak yang menduga adanya tekanan moral politik dan intervensi dibalik belum adanya mutasi pejabat Pemko Psp, membuat Walikota Andar Amin Harahap angkat bicara.

Menurut walikota termuda di Provinsi Sumatera Utara ini, tidak akan ada mutasi dalam waktu dekat di Pemko Psp. “Saya tegaskan lagi, tidak ada mutasi dalam waktu dekat ini,” ujarnya, Senin (25/3) dilansir Metrosiantar online.

Hal itu dikatakannya karena ada tudingan sejumlah pihak yang menyebutkan ia belum melakukan mutasi karena adanya balas budi politik dan lainnya, sehingga membuat Andar terkesan tidak tegas.

“Saya sudah saya sampaikan berulang kali, politik pilkada sudah usai, sekarang marilah kita bergandengan tangan, bersatu untuk membangun Kota Psp tercinta ini. Amanah sudah diberikan masyarakat kepada kita, maka harus kita laksanakan dengan baik.

Lupakan pilkada, mari bersatu membangun Kota Psp ini, karena memikirkan itu hanya membuang energi. Sementara kita butuh energi lebih untuk memikirkan Kota Psp,” sergahnya. Dijelaskannya lagi, mutasi tidak bisa sembarangan dilakukan hanya berdasarkan faktor suka atau tidak suka.

Tetapi dirinya tetap memegang prinsip bahwa mutasi dilakukan setelah terlebih dulu ada evaluasi kinerja dari yang bersangkutan. “Tidak mungkin kita mencopot jabatan seseorang hanya dalam waktu dua bulan, jika tidak kita berikan waktu untuk bisa mengevaluasi kinerjanya.

Tidak adil namanya itu. Makanya saya tegaskan, mutasi tidak akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini. Tetapi akan kita evaluasi terlebih dulu bagaimana kinerja yang bersangkutan,” katanya.
Untuk itu dirinya meminta semua pihak untuk objektif dalam menilai, terkhusus seluruh SKPD, bukan karena intervensi politik dan juga beban moral pada saat pilkada lalu.

“Kita berikan kesempatan kepada SKPD untuk menunjukkan kinerjanya, baru kita lakukan evaluasi,” jelasnya. Namun lulusan STPDN ini menegaskan, pasti akan ada mutasi dilakukannya, khususnya selama periode kepemimpinannya bersama Wawako Muhammad Isnandar Nasution.

“Mutasi pasti ada. Waktunya kapan, nanti akan kami bicarakan melalui Baperjakat,” kilahnya. Diakuinya, banyak isu dan perbincangan di luaran tentang adanya perombakan kabinet yang akan dilakukannya, bahkan juga desakan untuk melakukan mutasi. Namun ia tetap pada ketegasannya, dengan tidak melakukan perombakan kabinet sebelum adanya evaluasi kinerja SKPD. **