Bupati Siak Buka Musrenbang
Bupati Siak Buka Musrenbang

Siak (SegmenNews.com)– Bupati Siak Drs. H.Syamsuar, M.Si membuka secara resmi Musrenbang RKPD 2014 di Hotel Grand Mempura
Kabupaten Siak, Rabu (27/3/2013).

Hadir dalam acara itu, Sekretaris BAPPEDA Provinsi Riau, para unsur pimpinan daerah, legislatif, BUMD, dan lainnya Bupati Menyampaikan bahwa, Musrenbang merupakan tahapan proses perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan UU No. 25 tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional, yang dilakukan secara berjenjang dan terintegrasi mulai daru tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

“Perencanaan pembangunan tidak terlepas dari rencana pembangunan nasional dan Provinsi oleh karenanya perencanaanpembangunan yang akan dirumuskan dan ditetapkan merupakan akumulasi dari seluruh perencanaan dari jenjang/tingkatan,” ujarnya.

Syamsuar juga menambahkan musrenbang ini selain merupakan wadah pertemuan antara muspida tingkat kecamatan dengan satker yg ada dilingkungan pemda siak, masalah yg masih perlu perhatian bersama yakni masalah pendidikan, pebangunan infrastruktur di pedesaan yg masih belum merata, upaya peningkatan jumlah hasil pertanian, layanan kesehatan dan pelayanan publik yang masih kurang maksimal, serta perlunya even-even kebudayan dan olahraga guna menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ketua BAPPEDA Propinsi Riau yang diwakili Sekretarisnya memaparkan, berbagai peluang peluang peningkatan pemasukan daerah, selain yang telah dikucurkan selama ini, perlu penanganan yang serius terhadap masuknya investasi terhadap berbagai potensi yang dimiliki, yang selama ini belum terjamah atau belum dilirik insvestor, baik dalam maupun luar Daerah.

Ketua BAPPEDA Siak, H Yan Prana Jaya dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan Musrenbang adalah mensinkronkan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan kebijakan provinsi.

Selain itu, mengklarifikasi usulan program yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah pada Musrenbang Kecamatan dan mempertajam indikator kinerja program serta kegiatan prioritas pembangunan tahunan kabupaten dalam rangka percepatan pencapaian visi dan misi Daerah yang telah ditetapkan.

“Musrenbang ini diikuti para peserta yang berasal dari seluruh SKPD dan camat se Kabupaten Siak,” terangnya. (rls/humas)