ilustrasi
ilustrasi

Dumai (SegmenNews.com)– Pihak Kementerian Komunikasi dan Informasir RI melalui staf Bidang Perencanaan, Bambang mengatakan, peresmian wisata malam dugem sehat tanpa narkoba oleh Walikota Khairul Anwar beberapa waktu lalu bukanlah program kementerian.

“Pihak yang paling bertanggungjawab atas persoalan ini ialah Daeng Siala yang tidak berkoordinasi dengan baik untuk menjalankan program dugem sehat ini dengan pihak terkait. Kami di Kemenkoinfokom tidak pernah membuat program seperti itu,” terang Bambang, dalam keterangan persnya, Selasa (26/3) kemarin.

Bambang menyebutkan, sebelum malam pencanangan sosialisasi wisata malam di klub malam Freedom tersebut yang juga diikutinya, sempat mempertanyakan program yang akan diresmikan wako Dumai ini kepada Daeng Siala.

“Daeng waktu itu mengatakan akan menghadirkan Dirjen Kemenkoinfo untuk kegiatan pencanangan wisata malam dugem sehat ini, dan saya berpikir kalau memang bisa menghadirkan silahkan saja. Dia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan intansi terkait di pemerintahan kota Dumai,” jelas Bambang didampingi Kadis Budparpora Dumai H Eldar Afinta.

Program yang berpolemik di tengah masyarakat Dumai ini menurutnya juga tidak baik karena selain tidak berkoordinasi baik dengan instansi terkait, juga dilaksanakan di suatu tempat yang kurang pas di pandangan masyarakat.

Dia mengaku juga telah dihubungi Walikota Dumai terkait program yang tidak didukung masyarakat ini dan meminta dirinya membina dan membimbing kearah yang lebih baik lagi PPWI yang ada di Dumai.

“Kami sangat menyayangkan sekali adanya program yang tidak didukung masyarakat ini, dan kepada PPWI wilayah Dumai sudah saya ingatkan untuk tidak mengulangi lagi,” sebut Bambang.

Ditegaskannya juga, keberadaan PPWI bukan didirikan oleh Kemenkoinfo, melainkan berdiri sendiri namun dikarenakan memiliki visi misi sama maka digandeng untuk bekerjasama sebagai perpanjangan tangan Kemenkoinfo.

“Rencana awal kementrian akan membuat MoU dengan PPWI karena dianggap mempunyai visi dan misi mendukung kerja kementrian, namun karena peristiwa yang membuat saya harus hadir ke dumai, saya nyatakan MoU akan dipikirkan lagi kedepannya,” tegasnya.

Di beberapa kesempatan, Walikota Khairul Anwar mengatakan tidak meresmikan wisata malam dugem sehat tanpa narkoba, namun melakukan pencanangan kampanye wisata malam sehat anti narkoba yang merupakan program sinergitas Pemko dengan Kemenkoinfo.

Namun, belakangan, pernyataan wako seolah terbantahkan karena dengan sangat jelas dan bisa didengar langsung di dunia maya penyampaian wako saat memberikan kata sambutan sekaligus meresmikan wisata malam dugem sehat tanpa narkoba, miras dan wanita asusila yang tersebar rekamannya di situs youtube. (hr/knc/snc)