waspada gempaSidimpuan (SegmenNews.com)– Gempa berkekuatan 3,9 SR (Skala Richter) mengguncang Kota Padangsidimpuan dan sekitarnya, Rabu (27/3) sekitar pukul 23.39 WIB. Namun guncangan itu hanya dirasakan sebagian masyarakat. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian.

Pantauan METRO saat gempa terjadi, sebagian warga tampak panik. Terlebih bagi mereka yang saat itu belum tidur dan duduk di warung. Begitu mengetahui adanya gempa, mereka langsung berlarian ke luar dari warung menuju jalan umum. Hal yang sama dilakukan masyarakat yang sedang di rumah. Tak sedikit yang tampak berhamburan ke luar rumah.

Menurut Andi Siregar (20) warga Jalan Diponegoro Kota Psp, yang diwawancarai METRO usai gempa, saat itu ia sedang berada di kediamannya sambil bermain internet. Tiba-tiba ia merasakan ada getaran hebat. Spontan Andi melompat dan berlari ke luar rumah.

“Pertama aku enggak tahu kalau itu gempa. Sempat kutanya sama warga di sini, kata mereka ada orang sedang mengebom tambang di Batangtoru,” jelasnya bingung.

Surya Batubara (27) warga Jalan Diponegoro, Kota Psp, Rabu (27/3) malam menyebutkan, sewaktu terjadi gempa, ia sedang asyik menikmati keramaian malam dengan berkeliling kota bersama teman wanitanya.

Surya mengaku tidak ada merasakan guncangan. Namun, setelah melihat beberapa warga secara spontan berlari ke arah jalan dari rumah masing-masing, barulah ia sadar telah terjadi gempa.
“Enggak tahu aku, kalau tadi ada gempa. Soalnya aku sedang mengendarai kreta bersama temanku,” jawabnya ketika METRO mewawancarainya.

Sementara beberapa warga lain yang sempat diwawancarai METRO juga mengatakan hal yang sama. Semua merasakan adanya guncangan. Namun tidak ada kerusakan dan korban akibat peristiwa itu.

Terpisah, Kepala Bidang Pelayanan Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Hendra Suwarta, via SMS (pesan singkat), membenarkan adanya gempa berkekuatan 3,9 SR (Skala Richter), dengan kedalaman 10 kilometer yang terjadi pukul 23.39 WIB.

Gempa berlokasi di 1.45LU-99.19BT, terjadi di darat dengan lokasi 13 kilometer barat laut Padangsidimpuan, Sumut. (mso/snc)