Ilustrasi jalan rusak
Ilustrasi jalan rusak

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Wah Pemkab Siak berbaik hati nih. Bila jalan raya di wilayah anda ada yang mengalami kerusakan, jangan sungkan untuk menelpon ke nomor ponsel +62822-1107-0707, dan paling lambat tiga hari akan mendapatkan tanggapan.

“Perbaikan jalan dilakukan dengan mengunakan dana pemeliharaan dan kami mengutamakan laporan dari warga tentang adanya kerusakan jalan,” kata Kepala Dinas PU Binamarga dan Pengairan Pemkab Siak, Irving Kahar, Jumat.

Dia mengatakan, adanya laporan warga mengenai jalan rusak, maka hal itu adalah prioritas utama dalam perbaikan.

Belakangan ini memang banyak laporan yang diterima petugas Dinas PU Kabupaten Siak bahwa sejumlah jalan rusak akibat dilalui kendaraan dengan tonese besar membawa kelapa sawit dan kayu.

Namun warga ada juga yang melaporkan melalui pesan singkat (SMS) dan mengunakan telepon selular yang sengaja diumumkan kepada publik.

Untuk saat ini, katanya, warga yang menyampaikan keluhan tidak perlu datang ke kantor Dinas PU atau berkirim surat, tapi cukup mengunakan SMS.

Menurut dia, setelah mendapatkan SMS dari warga, maka pihaknya menurunkan tim ke lokasi dan memantau kerusakan jalan yang dikabarkan tersebut lalu dilakukan perbaikan.

Upaya tersebut dilakukan karena warga harus berperan aktif terkait masalah jalan karena mereka telah membayar pajak dan turut menyumbang kepada pemerintah.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.1/PRT/M/2012 tentang Peran Masyarakat dalam Penyelenggaraan Jalan, maka pihaknya mengharapkan warga dapat berperan aktif. (rn/antr)