Bupati Rohul, Drs.H.Achmad, MSi. menerima penghargaan dari Menpan RI
Bupati Rohul, Drs.H.Achmad, MSi. menerima penghargaan dari Menpan RI

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kabupaten Rokan Hulu kembali raih penghargaan tingkat Nasional. Penghargaan kali ini diraih dalam prestasi bidang laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) 2011 dari Menpan dan RB, Azwar Abubakar, di Balai Kartini Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Kabupaten Rohul dan Kota Dumai merupakan dua daerah di Provinsi Riau yang mendapatkan nilai CC dan berhak menerima perhargaan LAKIP 2011 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) RI, bersama 104 kabupaten/kota se-Indonesia.

Penghargaan Akuntabilitaas kinerja di lingkungan Pemkab Rohul 2011 diterima Bupati Rohul Achmad diwakili Inspektur Inspektorat Rohul Zulfikar Achmad, Kamis lalu.

Pada sambutannya, Menpan dan RB RI, Azwar Abubakar, mengatakan, akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia tiga tahun terakhir semakin meningkat. Selain penilaian seluruh kabupaten dan kota, jumlah yang mendapat nilai CC ke atas atau berkinerja baik juga mengalami peningkatan cukup signifikan.

Penilaian akuntabilitas kinerja hasil penilaian 2012 lalu dilakukan Kemenpan dan RB RI terhadap 435 pemerintah kabupaten/kota atau mencapai 89 persen dari 491 pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia.

Hasilnya, sebanyak 104 pemerintah kabupaten/kota, atau hampir 25 persen berkinerja baik atau mendapat nilai di atas CC. Sedangkan kabupaten/kota yang mendapat nilai B hanya Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Pemerintah Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat.

Kepada wartawan, Bupati Rohul Achmad mengaku keberhasilan meraih penghargaan LAKIP 2011 tidak terlepas dukungan seluruh pihak, termasuk seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pemerintah kecamatan serta kelurahan di jajarannya.

Dia berharap berbagai prestasi yang pernah diraih sebagai cambuk peningkatan kinerja agar lebih baik dan dikembangkan aparat pemerintahan. Penghargaan sebagai bentuk komitmen Pemkab Rohul dalam menerapkan manajemen sektor publik berbasis kinerja, dalam upaya peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

“Kedepan, kita terus berupaya untuk lebih me-motivasi untuk meraih yang terbaik lagi Saya minta seluruh aparatur pemerintah agar meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka menuju visi tahun 2016 mendatang menjadikan Kabupaten Rokan Hulu sebagai kabupaten terbaik di Provinsi Riau,” harap Bupati Achmad baru-baru ini.

Apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat, menurut Bupati Achmad juga sebagai motivasi bagi seluruh instansi pemerintahan, khususnya Pemkab Rohul untuk terus berupaya dalam pelaksanaan manajemen pemerintahanan berbasis kinerja.

Di tempat terpisah, Inspektur Inspektorat Rohul, Zulfikar Achmad, mengungkapkan, materi penilaian dan evaluasi LAKIP 2011 meliputi Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Kinerja, dan Capaian Kinerja.

Setiap tahunnya, pemerintah kabupaten/kota diwajibkan sampaikan LAKIP kepada Menpan dan RB RI. Di jadwalkan, Senin besok (1/4/13), Bupati Achmad serahkan LAKIP 2012 kepada Kemenpan dan RB di Jakarta.

Baik Bupati Rohul dan Zulfikar sangat berharap, hasil evaluasi LAKIP 2012, Kabupaten Rohul kembali menjadi kabupaten terbaik dalam pelaksanaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tingkat Nasional 2013. (adv/humas)