Bupati Rohul Drs H Achmad Msi menerima penghargaan dari Gubernur Riau Rusli Zainal
Bupati Rohul Drs H Achmad Msi menerima penghargaan dari Gubernur Riau Rusli Zainal

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Bupati Rokan Hulu Achmad terima Anugerah Bina Perencanaan 2013 terbaik pertama dari Gubernur Riau Rusli Zainal, Selasa (2/4/13).

Penghargaan dari Gubri tersebut diterima Bupati Achmad pasca diterimanya Piagam Penghargaan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) 2011 dari Menpan dan RB RI, Azwar Abubakar, di Balai Kartini Jakarta, Kamis lalu (28/3/13).

Anugerah Bina Perencanaan 2013 terbaik pertama dari Gubri tahun ini merupakan tertib perencanaan pembangunan, baik secara Nasional dan Pemerintah Daerah Aparatur Perencana yang mengikuti kaedah-kaedah sesuai Undang-Undang nomor 25 tahun 2004, tentang system Perencanaan Pembangunan Nasional.

Termasuk juga terkait PP nomor 8 tahun 2008, tentang tahapan Pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan dan tahapan-tahapan Pelaksanaan Perencanaan serta Permendagri tahun 54 tahun 2010 tentang petunjuk pelaksanaan PP nomor 8 tahun 2008 tentang Mekanisme Perencanaan melalui penilaian Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) diikuti 12 kabupaten/kota.

Pada seleksi tahap pertama, empat dokumen RKPD dinyatakan sebagai nominator terbaik seperti Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kepulauan Meranti dan Kabupaten Rohul. Dari seleksi tahap kedua, 4 nominator ikuti ekspose serta interview atau wawancara kepada Bappeda dengan tim penilai dari Bappenas Tim penilai teknis, Bappeda Provinsi Riau, serta Tim Penilai independen melibatkan pihak perguruan Tinggi.

Saat ekspose dan interview, Bappeda Rohul kirimkan sekretaris dan sejumlah stafnya untuk ekspose kepada tim penilai terhadap muatan RKPD 2012. Inti dari muatan RKPD tersebut yaitu konsistensi pembangunan terdahulu sesuai RPJP dan RPJM, serta konsisten yang direncanakan tahun berjalan.

Termasuk keterkaitan antara prioritas pembangunan kabupaten, provinsi, dan men-sinergikan PPN yakni berupa pendekatan kewilayahan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan melalui Program MDG’s serta infrastruktur.

Hasil pemaparan espose dan wawancara pertama dan kedua, Kabupaten Rohul dinilai telah memenuhi kriteria penilaian meliputi mekanisme penulisan substansi kedalaman RKPD, serta konsistennya dalam menyusun perencanaan sesuai Visi dan Misi kepala daerah yang tertib RPJMD serta secara kesinambungan akan dituntaskan menjelang tahun 2016.

“Karena kriteria-kriteria itu lah kita berhak menerima penghargaan tersebut,” jelas Bupati Rohul Achmad.

Tim penilai menjatuhkan penilaian terhadap Pemkab Rohul sebagai penyusun perencanaan terbaik se-Provinsi Riau. Penghargaan diterima Bupati Achmad saat Musrenbang Provinsi Riau di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Selain Trophy Anugerah Bina Perencanaan Provinsi Riau, Pemkab Rohul juga menerima piagam penghargaan mewakili Pemprov Riau untuk tahap seleksi tingkat Nasional yang dilaksanakan mulai 23 Maret sampai 23 April 2013 mendatang.

Hasilnya, akan diumumkan saat Musrenbang tingkat Nasional, 24 April 2013 mendatang. Penghargaan sendiri rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY.(adv/hum)