Damkar berlatih di halaman kantor Bupati
Damkar berlatih di halaman kantor Bupati

Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)– Sebanyak 20 personil Damkar Pelalawan dibawah naungan Satker Badan Penangulangan Bencana daerah siap bertugas usai melakukan pelatihan dasar Pemadam Kebakaran selama 10 hari mulai dari tanggal 25 Maret hingga 5 April mendatang.

“20 personil yang Kita rekrut telah melakukan pelatihan sejak 25 Maret lalu hingga 5 April mendatang.Ke 20 personil ini semuanya petugas dilapangan dengan status honor untuk satu tahun. Sedangkan instruktur yang ada sekarang ada 2 yakni dari Damkar Kota Pekanbaru dan Damkar RAPP ,” ujar Kasi Pemadam Kebakaran Nur Asril SH kepada wartawan saat mengawasi pelatihan 20 personil damkar yang baru direkrut di areal Kantor Bupati Pelalawan Rabu (3/4).

Menurutnya, untuk penempatan personil 5 petugas akan ditempatkan di Kecamatan Pangkalan Kuras dan 15 petugas akan ditempatkan di Pangkalan Kerinci. ” Sejak damkar berpisah dari Satpol PP ke BPBD,maka nantinya setelah Kita menempati kantor baru di Perkantoran Bhakti Praja,seluruh aset seperti mobil damkar sebanyak 4 unit yang masih parkir di Kantor Satpol PP akan dipindahkan ke kantor BPBD dan 15 petugas damkar standbay 24 jam di BPBD dan 5 petugas sisanya ditempatkan di Kecamatan Pangkalan Kuras.Sedangkan untuk mobil damkar yang ada sekarang sebanyak 5 unit,4 unit di Pangkalan Kerinci dan 1 unit di Kecamatan Pangkalan Kuras ,” ujarnya

Disinggung soal anggaran di DPA APBD Pelalawan yang hanya 7 bulan saja,Nur Asril mengungkapkan permasalaahnnya sudah clear dimana sisa 5 bulannya akan dianggarkan di APBDP. ” Mereka dikontrak selama setahun memang kemarin cuma dianggarkan di DPA APBD 7 bulan tapi sisanya yang 5 bulan akan dianggarkan pada APBDP.Jadi satu tahun kontraknya.Perekrutan tidak menggunakan pihak ketiga,langsung ditangani oleh BPBD Pelalawan. Ini akan terus berlanjut dari tahun ketahun seiring penambahan personil dan tentunya penambahan anggaran ,” paparnya. (dn/rz)