Bupati Herliyan Saleh melantik pejabat
Bupati Herliyan Saleh melantik pejabat

Bengkalis (SegmenNews.com) Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh kembali melantik pejabat eselon II, III dan IV dilingkup Pemkab Bengkalis. Dalam pelantikan itu, Herliyan mengatakan, pihaknya sudah menujuk tiga orang pejabat, untuk mengawasi dan terus melakukan evaluasi kinerja para pejabat lingkup Pemkab Bengkalis.

Jika dari hasil pengawasan dan evaluasi itu, diperoleh hasil kinerja pejabat terkait tidak memuaskan, maka langkah-langkah penting akan dilakukan termasuk mengganti pejabat terkait.

Hal itu disampaikan Herliyan Saleh saat menyampaikan kata sambutan pada acara pelantikan puluhan pejabat eselon II, III dan IV di lantai IV Kantor Bupati, Rabu (3/4) malam kemarin. Kata Herliyan, penandatanganan fakta integritas dan kontrak kinerja bukan kegiatan seremoni biasa, hal itu menjadi dasar bagi dirinya untuk melakukan evaluasi pejabat terkait.

“Jangan pandang remeh penandatanganan pakta integritas dan kontrak kerja yang baru saja saudara lakukan. Karena hal ini menjadi dasar bagi saya untuk melakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali. Dan tentunya akan ada beberapa kebijakan serta keputusan dari evaluasi yang saya lakukan, apalah saudara bekerja dengan sungguh-sungguh dan profesional atau sebaliknya,” terang Herliyan.

Evaluasi itu kata Herliyan tidak dilakukan dirinya sendiri, tapi ada tiga orang pejabat yang telah ditunjuk untuk melakukan tugas-tugas pemantauan dan evaluasi. “Siapa ketiga pejabat tersebut tak ada yang tahu. Yang jelas ketiganya akan terus melakukan pemantauan terhadap kinerja saudara,”imbuh Herliyan.

Dalam kesempatan tersebut Herliyan juga mengingatkan seluruh SKPD untuk segera menetapkan PA, KPA, PPTK, Bendahara serta perangkai lain yang berkaitan dengan kegiatan APBP tahun 2013. Dirinya ingin hak itu dilakukan dengan cepat. “Saya harap pada tanggal 5 April nanti (hari ini,red), semuanya sudah selesai dan SK-nya sudah saya tandantangani. Untuk itu, bagi SKPD yang belum melakukan pelantikan pejabat segera lakukan,” perintah Bupati.

Zero Toleransi

Dihadapan puluhan pejabat yang dilantik serta sejumlah undangan, Bupati kembali meluahkan kekesalannya pasca ditangkapnya dua PNS Bengkalis karena nyabu di kantor Bupati. PNS kata Bupati mestinya menjadi contoh bagi masyarakat umum, bukan malah mempertontonkan perbuatan yang melanggar hukum seperti itu.

“PNS sejatinya sebagai teladan, bukan malah melanggar hukum. Saya benar-benar terpukul dengan kasus ini dan menyatakan zero toleransi. Pegawai bersangkutan akan kita berhentikan. Kepada semua PNS lingkup Pemkab Bengkalis, saya harap kasus ini menjadi pembelajaran berharga dan menjadi komitmen kita bersama untuk memberantas narkoba,”ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutan tersebut, Bupati kembali mengingatkan kepada kepada para pejabat yang dilantik untk segera mengenali tugas dan fungsi jabatan yang baru. Gelar rapat bersama seluruh staf dan jalankan program kerja sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. (rn/ur)