pltgSiak (SegmenNews.com) – Desa Rawa Mekar Jaya merupakan pemekaran dari Desa Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit. Puluhan tahun warga di Desa tersebut mendambakan adanya penerangan listrik siang malam namun yang ditunggu tunggu belum juga muncul.
Namun pada tahun 2013 ini harapan yang didambakan serta dinanti nanti oleh masyarakat Desa Rawa Mekar Jaya akan menjadi kenyataan karena pemerintah Kabupaten Siak bekerjasama dengan PLN telah membuka jaringan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) yang dipusatkan di Desa Sungai Rawa dan saat ini dalam tahap pemasangan jaringan.Oleh karena Desa Rawa Mekar Jaya akan dilakukan pemancangan tiang PLTG, maka warga Desa tersebut rela dan ikhlas menebang tanaman yang ada disepanjang jalur PLTG dan hal tersebut mereka lakukan secara gotong royong .”Warga melakukan hal tersebut karena mereka sangat mendambakan listrik hidup siang malam,” ujar Kepala Desa Rawa Mekar Jaya Suwito kepada wartawan, Rabu (3/4).

Lebih lanjut dikatakan Kades, ratusan batang tanaman karet dan sawit milik warga habis ditebang dan warga dengan ikhlas merelakannya. Saya sangat bangga atas partisipasi yang diberikan oleh warga Desa Rawa Mekar Jaya. Mudah mudahan  rasa kebersamaan, kekompakan dan bersatu bisa terus kita pertahankan sehingga Desa Rawa Mekar Jaya akan semakin maju,” harap Kades.

Kami atas nama masyarakat Desa Rawa Mekar Jaya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak (Bupati) karena berkat perjuangan beliau Desa kami akan diterangi listrik sehingga kedepan Desa kami tidak lagi kegelapan dan anak anak bisa belajar maksimal. “Jika menunggu aliran listrik dari PLN Sub Ranting Sungai Apit entah kapan baru sampai ke Desa kami,” imbuh Suwito.(adv)