Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad meninjau lokasi bangunan aula Masjid Agung Madani Islamic Center
Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad meninjau lokasi bangunan aula Masjid Agung Madani Islamic Center

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Pemerintah kabupaten Rokan Hulu terus menggesa pembangunan Masjid Agung Madani Islamic Center pasir Pangaraian ditahun 2013 ini. Dicanangkan masjid Islamic Bakal di jadikan pusat pengembangan Islam tingkat Internasional.

Ditahun 2013 ini difokuskan perjaan pad 3 aspek terutama bangunan penunjang Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke-32 tingkat Provisi yang di laksanakan di Rokan Hulu sebelum merampungkan pada 2014 mendatang.

Pembangunan bakal dilanjutkan dengan 3 bangunan utama di kawasan Masjid, seperti pembangunan plaza berkafasitas 1500 jemaah, menara setinggi 99 meter serta pusat pengembangan dan asrama tahfiz (penghafal alqur’an).

Masterplan pembangunan masjid megah berdiri diatas lahan seluas 22 hektare, selain dijadikan pusat pengembangan Islam, masjid juga bakal menjadi objek wisata religius di Negeri berjulukan Negeri Seribu Suluk.

Menurut Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi kemarin, selain mempersiapkan fisik bangunan, Pemkab Rohul juga tengah mempersiapkan sistem pengelolaan Masjid agar dapat mandiri sehingga tidak tergantung pada dana APBD.

salah satu contohnya, masjid tidak hanya untuk kalangan tertentu namun masjid digunakan dan dikomersilkan ke kalangan umum. yang nantinya bakal dapat menutupi biaya operasional masjid.

Guna pembangunan Masjid Agung Madani Islamic Center, Pemkab Rokan Hulu telah menghabiskan anggaran tahun jamak atau multiyear sebesar Rp 148 miliar dengan harapan Masjid menjadi pusat pengembangan Islam Internasional. (adv/humas)