ratusan penyandang cacat ikuti jalan santai
ratusan penyandang cacat ikuti jalan santai

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Peringatan Hari Autis sedunia atau Word Autism Awareness Day tahun 2013, di Riau berlangsung meriah. Ratusan anak penyandang autis mengikuti gerak jalan santai yang dilepas oleh Gubernur Riau, HM Rusli Zainal, Minggu (7/4) di Gedung Daerah.

Usai mengikuti gerak jalan santai dengan peyandang autis, Gubri mengatakan bahwa penyandang autis harus diberdayakan. “Kita harus memberikan dukungan moral kepada penyandang autis. Sebagai anak-anak berkebutuhan khusus, kita harus memberikan motivasi, membangun kepercayaan mereka agar bisa menjadi pribadi yang berguna dan mandiri,” ujar Gubri.

Gubri juga mengatakan bahwa perhatian pemerintah terhadap penyandang autis cukup tinggi. Hal itu diantaranya ditandai dari dukungan Pemprov Riau terhadap keberadaan forum-forum pembinaan untuk anak autis salah satunya adalah Forum Pengembangan Anak Penyandang Autis (F-PAPA) Provinsi Riau.

Bentuk kepedulian lainnya dikatakan Gubri adalah dengan dibangunnya Autis Centre di kawasan Jalan Arifin Ahmad.
Sementara itu, Ketua F-PAPA Riau, Septina Primawati Rusli mengatakan, peringatan hari autis dunia kali ini tergolong istimewa. Pasalnya, di peringatan hari autis dunia kali ini, penyandang autis di Riau ‘dihadiahi’ dengan pemutaran film berjudul  I’m STAR.

Tak tanggung-tanggung, salah seorang pemainnya Arya dihadirkan di tengah-tengah penyandang autis untuk menyaksikan film yang diputar pertamakali di London School of Public Relation pada 8 Maret 2013 lalu. “Peringatan hari autis sedunia tahun ini memang agak spesial. Ada pemutaran film yang bercerita tentang penyandang autis. Film ini diproduksi untuk menyambut peduli Autis sedunia,” kata Septina. (rn/ur)