Kepala BLH Pelalawan, Mulyono
Kepala BLH Pelalawan, Mulyono

Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)– Adipura yang merupakan dipura penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup ditahun 2013 ini menjadi reputasi prioritas yang ditargetkan Bupati Pelalawan.

Demikian dikatakan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pelalawan Mulyono kepada wartawan Kamis (11/4) diruang kerjanya.

Menurut Mulyono,pada tahun 2012 Kita berada di peringkat tujuh dengan nilai 56,7.Pada tahun 2013 ini ditargetkan Kabupaten Pelalawan masuk 3 besar.

” Minimalnya nilai harus 7 untuk masuk penilaian tahap kedua.Namun peringkat 7 tahun 2012 lalu lebih baik dibandingkan dari tahun – tahun sebelumnya. Ini suatu kebanggan oleh seorang Pimpinan daerah bila mendapat Adipura sebagai reputasi yang amat membanggakan.Sudah sepatutnya harus didukung oleh semua pihak sehingga Kabupaten Pelalawan menjadi Kabupaten yang sejuk dan bersih,” ujar Mulyono.

Diungkapkan Mulyono, ada beberapa titik pantau untuk penilaian Adipura seperti terminal,pertokoan,perkantoran,sekolah,pasar, jalan, pengelolaan sampah, saluran permukaan air dan banyak lainnya.

” BLH cuma stake holder motor untuk kegiatan ini dan kegiatan tentu sudah ada dengan instansi – instansi terkait.Misalnya terminal itu zonanya Dishub,pasar zonanya dinas pasar.Anggaran sudah ada di masing – masing Satker,jadi yang dibutuhkan adalah komitmen bersama agar Adipura ini dapat diraih ,” ungkapnya.

” Modal Kita ada, tinggal keseriusan Kita saja.Kalau ada rapat terkait ini jangan tenaga honorer atau perwakilan yang tidak berkompetent yang hadir namun kalau bisa langsung Kepalanya yang hadir.Kita yakin kalau ini serius dilakukan dengan komitmen yang jelas,Adipura pasti akan dapat diraih suatu saat nanti,” paparnya. (rz/dn)