UNPekanbaru (SegmenNews.com)– Kunnci jawaban Ujian Nasional 2012-2013 untuk SMA dan Madrasah Aliyah diduga palsu beredar di Kota Pekanbaru, melalui pesan singkat telepon seluler dan “Blackberry Messenger” (BBM) pada sejumlah siswa.

“Kami mengharapkan agar siswa tidak mempercayai beredarnya kunci jawaban Ujian Nasional (UN) 2012-2013 itu,” kata Kabid Pengembangan Sekolah, Dinas Pendidikan Pemko Pekanbaru, Abdul Jamal, kemarin.

Menurutnya, kunci jawaban yang beredar luas melalui SMS atau BBM itu dipastikan palsu. Maka dari itu, dia berharap kepada siswa tetap belajar dengan baik dan tekun untuk menjawab semua pertanyaan pada UN.

Kemudian, siswa jangan mempercayai kunci jawaban yang beredar tersebut karena pada UN yang dimulai Senin (15/4) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan kunci jawaban tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kunci jawaban yang beredar berupa paket A,B,C, dan D, tersebut tidak digunakan lagi pada UN 2012-2013 dan diganti menggunakan lembar jawaban menggunakan “barcode”.

Selain itu, katanya, setiap siswa tidak akan mendapatkan soal yang sama melainkan berbeda, tentunya kunci jawaban tersebut dianggap keliru.

Sebagai contoh, katanya, dalam satu kelas mengikuti UN terdapat 20 siswa, maka soal yang dibagikan tidak akan sama satu dengan yang lainnya.

Pada prinsipnya, tambahnya, siswa tidak boleh percaya dengan kunci jawaban yang dianggap menyesatkan dan diupayakan agar belajar dengan baik menjelang UN.

Dia menambahkan, pihak Dinas Pendidik Pemkot Pekanbaru telah menekankan kepada para kepala sekolah dan para guru untuk tetap memberikan pengarahan dan tidak mempercayai kunci jawaban UN itu.

Walau begitu, untuk kelancaran UN, maka soal disalurkan beberapa jam menjelang ujian dan mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Kepolisian.(ant/sn)