Kakan Kemenag Rohul menyerahkan buku kepada Ka Kanwil Kemenag Riau
Kakan Kemenag Rohul menyerahkan buku kepada Ka Kanwil Kemenag Riau

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, serahkan buku setebal 2014 halaman dengan judul “Kementerian Agama Rohul Dalam Perspektif Pers” kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Drs H Tarmizi Tohor MA, Jum’at (12/04) di ruangan Ka Kanwil Kemenag Riau, Pekanbaru. Kakanwil Kemenag Riau didampingi Kabag Tata Usaha HM Saman, SSos, M.Si dan Kasubbag Perencanaan & Keuangan Kanwil Kemenag Riau H Anasri M Ag.

Usai menerima buku tersebut, Ka Kanwil menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kakan Kemenag Rohul, yang telah membuat suatu gebrakan yang harus ditiru oleh Kakan Kemenag kab/kota lainnya di Riau, sehingga semua kegiatan Kemenag dapat diketahui oleh masyarakat.

Menurut Kakanwil, peran publikasi dari setiap kegiatan yang dilaksanakan sangat besar dalam rangka membangun opini dan pencitraan Kemenag. Banyak tudingan miring yang terkadang dialamatkan kepada lembaga Kemenag, sehingga publikasi kegiatan mutlak diperlukan.

Oleh sebab itu, kerjasama dan komunikasi yang baik harus dibangun bersama pemerintah daerah, dalam rangka mencerdaskan keberagamaan masyarakat.

“Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh Kakan Kemenag agar pro-aktif mensosialisasikan dan memprogramkan kegiatan keagamaan seperti, Magrib Mengaji, Zakat dan lain sebagainya di daerah masing-masing,” tutur Kakanwil

Berkenaan dengan buku yang telah disusun oleh pak Ahmad Supardi ini, saya sangat berterima kasih karena bisa menjadi prestise tersendiri bagi lembaga, kalau pers yang memberitakan berarti kinerja kemenag cukup baik.

“Jika menurut pers kita baik/berhasil, berarti kita ini memang baik/berhasil, sebab pers adalah lembaga kontrol sosial dimasyarakat. Diharapkan buku ini bisa menjadi motivasi bagi unsur pimpinan satker didaerah, kinerja kita kedepan semakin bagus dan menyentuh masyarakat secara umum,” pungkasnya lagi.

Kakan Kemenag Rohul menyatakan, bahwa jika ingin menengok Kemenag Rohul menurut orang luar atau masyarakat/pers, maka lihatlah buku ini. Dan kalau ingin melihat Kemenag Rohul menurut orang Kemenag sendiri, maka lihatlah LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).

Adapun tujuan di buatnya buku ini adalah, pertama, buku ini adalah bagian dari keterbukaan informasi Kemenag Rohul bagi masyarakat sesuai dengan amanah UU Keterbukaan Informasi Publik, kedua, buku ini juga merupakan bagian dari dakwah yang kita lakukan di Rokan Hulu selaras dengan misi Kemenag untuk menciptakan masyarakat agamis, terang Ahmad Supardi. (r4n/rls).