Kapal bertabrakan tenggelam beriku 6 unit kendaraan mobil dan sepeda motor
Kapal bertabrakan tenggelam berikut 6 unit kendaraan mobil dan sepeda motor

Sabak Auh (SegmenNews.com)– Sebuah Kapal Kayu KLM KOTO JAYA GT. 73 dari Pekanbaru menabrak tongkang KIM HENG 189 yang ditarik TB. CITRA 03. Hal ini terjadi, Sabtu (13/4/13) sekitar pukul 05.00 WIB dini hari, kecelakaan terjadi di perairan Teluk Mesjid, Kabupaten Siak, tepatnya di bawah jembatan Teluk Mesjid Desa Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak.

Dihimpun dari berbagai sumber bahwa kejadian bermula, kapal KLM KOTO JAYA GT. 73 yang dinahkodai Syafrizal berangkat dari Pekanbaru menuju Batam, ditengah perjalanan Kapal tersebut menabrak tongkang Kim Heng 189 yang ditarik TB CITRA 03 yang dinakhodai JUFRI mengangkut kayu akasia dari bukit batu tujuan perawang.

Akibat tabrakan tersebut, KLM KOTO JAYA bermuatan 6 unit kendaraan yakni 1 Unit mobil Fortuner, 2 Unit mobil Cold Disel, 2 Unit Mobil Pic Up,dan 1 Unit mobil Avanza,serta 88 unit sepeda motor. Selain itu juga terdapat barang acesoris mobil dan motor, seperti ban Mobil, Pintu Mobil, Kab Motor helem serta perabot rumah tangga, habis tenggelam.

Syahbandar Sungai Pakning, Kisnar Saprandes, Minggu (14/4/13) membenarkan adanya kejadian tersebut, dikatakannya hingga saat ini proses evakuasi belum selesai, dan pihaknya belum mengetahui data lengkap terhadap muatan kapal tersebut, pasalnya seluruh dokumentasi kapal belum ditemukan. Selain itu dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

“Kecelakaan diperairan ini, tidak ada korban jiwa dan tidak ada pencemaran atas kejadian tersebut, hanya saja muatan kapal KLM Kotojaya tenggelam, selain itu kami berusaha segera memindahkan kerangka kapal untuk menghindari laka di perairan tersebut,” urai Kisnar Saprandes.

Diakuinya, pihaknya bertanggungjawab untuk mengamankan ABK dan memintai keterangan, sementara untuk pengamanan terhadap pengamanan barang muatan kapal merupakan tanggung jawab Pol Air. (rinto)