ilustrasi
ilustrasi

SegmenNews.com– Ujian nasional (UN) dan paket C hari pertama untuk tingkat SMA/sederajat di 11 provinsi mundur. Sedianya UN akan dimulai Senin, 15 April besok. Untuk Provinsi Riau tidak ada kendala.

Kesebelas provinsi tersebut adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ibnu Hamad, UN Bahasa Indonesia di ke-11 provinsi tersebut akan dijadwalkan ulang pada Jumat, 19 April 2013. Pergeseran jadwal ini, kata Ibnu, disebabkan adanya kendala teknis dalam pengepakan naskah soal di percetakan.

“Untuk provinsi lain tidak ada perubahan, dilaksanakan sesuai jadwal semula, yakni Senin, 15 April,” kata Ibnu, seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Minggu (14/4).

Pergeseran jadwal UN hari pertama ini tidak mengganggu jadwal UN lainnya. Artinya, UN hari kedua, ketiga, dan keempat akan berjalan seperti jadwal yang telah ditetapkan. Ibnu menjamin, pergeseran jadwal UN Bahasa Indonesia tersebut tidak akan memengaruhi konsentrasi siswa, apalagi jika mereka telah mempersiapkan diri dengan baik.

Dia berpesan, dalam mempersiapkan diri,peserta UN bisa mempelajari dan memahami kisi-kisi soal yang telah ditetapkan. Selain itu, ujar Ibnu, sebaiknya peserta UN juga mengabaikan isu-isu tentang kebocoran soal dan kunci jawaban.

“Sebab dengan diterapkannya 20 variasi soal dan ditambah dengan pemakaian kode bar pada setiap naskah dan lembar jawaban UN, mustahil kebocoran soal akan terjadi,” ujarnya tegas.

Meski ada kendala pengepakan soal di 11 provinsi, Ibnu mengklaim, pendistribusian naskah soal UN berlangsung baik. Saat ini, naskah soal UN sudah sampai di dinas pendidikan kabupaten/kota. “Selanjutnya didistribusikan ke rayon dan sekolah tempat penyelenggaraan UN,” katanya. (okz/rn/knc/snc)