Alat berat sedang bekerja menormalisasi sungai batang lubuh di Rokan Hulu
Alat berat sedang bekerja menormalisasi sungai batang lubuh di Rokan Hulu

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Sebahagian besar banjir di Kabupaten Rokan Hulu di akibatkan dari luapan air sungai jika hujan turun, untuk mengantisipasi bencana banjir tersebut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) melakukan Normalisasi di sejumlah sungai sepanjang 9450 meter.

Normalisasi sungai atau pengerukan dianggarkan melalui APBD Rohul senilai Rp 2 milyar tahun anggaran 2013. Saat ini pengerjaannya telah di lakukan di beberapa titik. Seperti di sungai batang lubuh kecamatan Rambah, sungai di Desa Rambah, Rambah Tenah Utara.

Dikatakan Kabid Pengairan BMP Rohul, Khairul S,STP, Rabu (17/4/2013) di ruang kerjanya, setelah di akukan normalisasi di titik tersebut, saat ini pihaknya tengah melakukan normalisasi di Desa Intan Makmur Kecamatan Kunto Darussalam.

“Daerah yang biasanya rawan banjir seperti di kecamatan Kunto Darussaam saat ini tidak ada lagi banjir jika hujan turun,” imbuhnya.

Menurutnya, pendangkalan sungai juga diakibatkan oleh penebangan hutan secara liar, sehingga tidak ada lagi penahan air, selain itu dan banyaknya material yang mengendap di sungai.

“Sebagian lokasi sungai yang akan di normalisasi atas permintaan masyarakat melalui surat permohonan yang mereka layangkan,” terangnya. (adv/hum)