Pekanbaru (SegmenNews.com)-Universitas Riau (UR) di tahun 2013 akan mengajukan nama-nama penerima bidikmisi sebanyak 500 orang.

Seperti diketahui Bidikmisi ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI), Departemen Pendidikan Nasional kepada para mahasiswa yang kurang mampuh dan berprestasi agar tetap dapat melanjutkan pendidikanya di perguruan tinggi.

Jumlah yang diajukan ini memang lebih banyak bila dibandikan tahun-tahun sebelumnya. Seperti halnya tahun 2010 mahasiswa yang mendapatkan bidikmisi sebanyak 300 orang mahasiswa, tahun 2011 sebanyak 350 orang mahasiswa, tahun 2012 390 mahasiswa.

Dengan demikian jumlah penerima bidikmisi selama 4 tahun berjalan termasuk pengajuan 500 orang tersebut berjumlah 1000 mahasiswa lebih.

“Untuk tahun 2013 ini kita mengajukan sebanyak 500 orang untuk menerima biasiswa dari Dikti,”, kata Pembantu Rektor III Universitas Riau Drs. Rahmat, MT melalui Kasubag Kesra Rektorat Universitas Riau Taufuk Noor, Rabu (17/04) di ruang kerjanya.
Untuk tahun 2013 ini untuk pendistribusian beasiswa tersebut akan langsung diberikan oleh diva dikti. Dimana sebelumnya untuk pedidtribusian memang dilakukan oleh diva UR.

“Untuk tahun ini memang akan langsung pendistribusianya dilakukan oleh diva dikti. Mengingat kita juga takut timbul hal yang tidak dinginkan. Misalnya, ada mukin pemikiran bahwa jumlah uangnya dipotong. Tapi, sejauh ini kita lakukan semua prosedurnya kita jalankan sesuai dengan arahan dari diva dikti,” paparnya.

Dengan uang berjumlah 6 juta yang diberikan dikti, 2,4 juta merupakan uang untuk SPP dan kegiatan.