giantPekanbaru (SegmenNews.com)– Cuek terhadap peraturan yang ada, akhirnya Giant Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru diselidiki sendiri oleh Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru. Penyelidikan dilakukan terkait terhadap penggunaan tenaga kerja yang diduga tidak sesuai dengan peraturan kota Pekanbaru tentang kewajiban penggunaan tenaga lokal.

“Mereka sudah beroperasi lebih satu bulan, tapi sampai sekarang tidak juga melaporkan penggunaan tenaga kerja khususnya kewajiban merekrut tenaga kerja lokal. Kita sudah bentuk tim untuk menyelidikan ketidaktaatan Giant Jalan Tuanku Tambusai tersebut,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pekanbaru melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Yasmini, Rabu (17/4/2013).

Yasmini dikesempatan itu menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui atas ketidakpedulian dari manajemen Giant Nangka terhadap surat yang disampaikan Disnaker. Padahal, tindakan yang dilakukan Giant Nangka tersebut telah mengangkangi UU Ketenagakerjaan yang berlaku. Jikalau, tidak patuh, dalam waktu dekat Disnaker menindak secara tegas manajemen Giant.

“Sebelum perusahaan ritel Giant Nangka itu beroperasi secara resmi. Disnaker Pekanbaru telah menyurati pihak manajemen perusahaan. Tetapi, hal itu hingga kini mereka tidak mengindahkan,” katanya seraya menegaskan, selama ini pihak Disnaker Pekanbaru masih memberikan rentang untuk manajemen agar melaporkan sendiri tenaga kerjanya.

Sementara itu, terkait masalah ini, Pimpinan Cabang Giant Nangka Rais Amin, Rabu (17/4/2013) melalui selulernya dinomor 08180855xxxx, kendatipun ada nada sambungnya, tapi tidak diangkat. Begitu juga dikirimkan pesan singkat (SMS), juga tidak membalas. (jpr)