staf ahliJakarta (SegmenNews.com)– Gubernur Riau Rusli Zainal diminta bersikap arif dan segera mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) Sekdaprov Riau agar roda pemerintahan tidak terganggu. Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) juga berpendapat Gubri juga harus berjiwa besar dalam menangani soal ini.

“Gubri sebaiknya bersikap lebih arif dengan mengangkat Sekda agar roda pemerintahan sehari-hari tidak terganggu dan memberikan pelayanan kepada masyarakat Riau secara maksimal,” kata Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Hukum dan Hubungan Antar Lembaga yang juga Juru Bicara Kemendagri Reydonnyzar ‘Donny’ Moenek di Jakarta, Rabu (17/4).

Donny mengatakan apabila sejak 1 April lalu, kursi Sekda Riau masih mengalami kekosongan yang bisa mengganggu aktivitas pemerintahan, hal itu sepenuhnya merupakan tanggungjawab seorang kepala daerah bagaimana menyelenggarakan pemerintahan tetap berjalan secara baik. Karena itu sangat disayangkan jika Gubri masih bersikeras mengingingkan Sekda definitive dan tak mengangkat Plt Sekda dengan alasan ada hal-hal teknis yang tidak bisa dikerjakan oleh Plt Sekda tersebut.

”Kemendagri masih melakukan proses evaluasi tiga nama usulan calon Sekda. Jadi selama proses Sekda definitif masih berproses apa susahnya, gubernur mengangkat Plt. Sekda karena itu merupakan wewenangnya. Saat inilah dibutuhkan kearifan seorang Gubri dalam menyikapi situasi yang ada agar situasi tidak semakin keruh,” katanya. (**)