bupati siak 2Siak (SegmenNews.com)– Percepatan pembangunan pedesaan ada empat masalah pokok yang satu sama lain saling berkaitan. Bila empat pokok ini dapat disinkronkan dan dapat diatasi, percepatapan pembangunan di pedesaan tersebut dapat berjalan secara berimbang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Siak Drs. Syamsuar, M. Si saat memberikan arahan pada salah satu acara daerah di Siak kemarin. Empat masalah pokok tersebut yang pertama adalah kemiskinan, baik kemiskinan absolut maupun kemiskinan relatif.

Kemiskinan absolut bermakna bahwa ketidakmampuan masyarakat pedesaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak berdasarkan garis kemiskinan yang telah ditentukan. Sementara kemiskinan relatif berkaitan dengan ketidakmerataan pemilikan aset dan pendapatan di wilayah pedesaan.

Hal ini yang sering kali juga memperburuk kondisi masyarakat yang mengalami kemiskinan absolut dan berpotensi menimbulkan masalah-masalah sosial lainnya.

Yang kedua adalah masalah yang berkaitan dengan sumber daya manusia, yaitu masalah tekanan penduduk dan ketenagakerjaan. Masalah ini berhubungan dengan tingkat pertumbuhan alami, tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, tingkat produktivitas yang rendah dan tingkat pengangguran.

Sedangkan untuk pokok masalah ketiga adalah keterbatasan infrastruktur fisik, ekonomi dan sosial yang sudah menjadi masalah klasik dalam pembangunan pedesaan. Terakhir, kelembagaan. Yaitu masalah aturan, prosedur dan organisasi masyarakat dalam mencapai hasil yang diinginkan. “Oleh sebab itu, masalah-masalah yang timbul di pedesaan tersebut harus mendapat perhatian dari kita bersama,” kata Bupati. (rls/rin)