pantau unSiak (SegmenNews.com)-Bupati Siak Drs. H. SYamsuar, M. Si meninjau langsung pelaksanaan Ujian Negara tingkat Sekolah Menengah Pertama/sederajat yang berlangsung serentak Senin (22/4) kemarin. Bupati bersyukur pelaksanaan UN SMP/sederajat di Siak berjalan lancar.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Siak,Drs. H. Kadri Yafis, M. Pd, Bupati berharap anak didik bisa menjawab soal yang diberikan dengan baik, meski pun UN tahun ini merupakan sebuah ujian dari pemerintah pusat.

“Alhamdullilah pelaksanaan UN di Kabupaten Siak khususnya tingkat SMP/MTs berjalan dengan baik, tertib lancar dan aman sebagaimana yang diharapkan. Kita berharap semua pelajar yang mengikui UN tahun 2013 ini lulus semua dan bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” terang Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, laporan yang diterima dari Dinas Pedidikan Kabupaten Siak, soal UN untuk SMP yang sampai di Kabupaten Siak baru dua mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris. Untuk dua mata pelajaran lagi sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Riau.

“Kita berharap paling lambat Selasa sudah sampai di Siak, kalau tidak terpaksa pelaksanaan UN ditunda,” katanya.

Jika pelaksanaan UN di Kabupaten Siak tertunda, menurut Bupati bukanlah salah pemerintah daerah. Tetapi adalah kesalahan pemerintah pusat yang dinilai belum siap menjalankan program ujian Nasional. Masalah UN ini dari pertemuan di Jakarta,hampir semua daerah komplain, karna belum ada di lakukan sosialisasi ke daerah tapi langsung diterapkan. (rin)