Kotogasib (SegmenNews.com)– Warga yang bermukim di pinggir sungai siak, khususnya di Desa Buatan I dan II, Kecamatan Kotogasib, Siak, Selasa (23/4/13) mengaku resah dengan bau busuk sir sungai siak yang didugua tercemar limbah perusahaan. Selain itu juga terdapat banyak ikan yang mengalami stres alias mabuk dan menyebabkan ikan mati.

Menurut keterangan salah seorang warga desa Buatan I kecamatan Koto Gasib, yakni Hasan mengungkapkan bahwa bau busuk air sungai siak tersebut sudah beberapa hari lalu, dan banyak warga lainnya yang menangkap ikan yang tengah mabuk.

“Air sungai siak ini berbau busuk sudah sekitar dua hari ini, entah apa penyebabnya. Yang jelas bau busuknya mengengat, ada juga warga yang pusing, dan ikan banyak mati dan stres,” ungkap Hasan.

Selain itu Cik Awi warga Lingkar Naga Desa Buatan Desa mengatakan dirinya tidak tahan dengan bauk busuk air sungai siak ini dan membuat kepalanya pusing serta mual-mual. Dan air sungai siak yang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari, saat ini tidak lagi bisa digunakan.

“Airnya busuk sekali bang! Kepala jadi pusing dan mual, selain itu air sungai ini kemarin kami gunakan untuk keperluan mencuci dan mandi sehari-harinya, saat ini kami takut nanti kena penyakit kulit,” ujar Cik Awi.

Dengan adanya kejadian ini Badan Lingkungan Hidup (BLH) Siak mengatakan melalui Alhaq Zulkarnain bahwa, mereka sudah mendapatkan informasi tersebut dan akan mengambil sampel air yang akan dilakukan tim lain sesuai dengan bidangnya.

“Kita sudah mendapatkan informasi itu, dan sudah kesana, dalam waktu dekat kita akan mengambil sampel air sungai siak yang dilakukan tim sesuai dengan bidangnya,” ujar Alhaq.

Sementara itu, masyarakat berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak segera mencari tahu penyebab busuknya air sungai siak tersebut, dan kembali menetralkannya karena air sungai siak tersebut bermanfaat bagi masyarakat. (rinto)