bup ranperdaSiak (SegmenNews.com)– Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M. Si menyampaikan pendapat akhir Pemerintah Daerah terhadap Inisiatif DPRD Kabupaten Siak mengenai Ranperda Kabupaten Siak tentang Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (PDTA), di DPRD Kabupaten Siak, Selasa (23/4) di gedung Panglima Jimbam Kantor DPRD Siak.

Bupati Siak menyampaikan bahwa Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah merupakan usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik agar memiliki budi pekerti yang baik dan berakhlak mulia.

PDTA ini dapat didefinisikan sebagai upaya pengembangan untuk mendorong serta mengajak peserta didik untuk hidup lebih dinamis dengan berdasarkan nilai-nilai yang tinggi dan kehidupan mulia. Oleh karenanya, dengan proses tersebut diharapkan akan terbentuk pribadi peserta didik yang lebih sempurna baik yang berkaitan dengan potensi akal (emotional Quotient/IQ), perasaan dan perbuatan (emotional Quotient/EQ) maupun agamanya (Spritual Quotient/SQ).

“Dengan adanya pendidikan Diniyah Takmiliyah Awwaliyah diharapkan kepada peserta didik memiliki tiga unsur kecerdasan tersebut,” kata Bupati Syamsuar.

Pendidikan agama pada dasarnya mengacu pada tujuan pendidikan Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, juga meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa serta berakhlak mulia sebagai landasan untuk menghadapi tantangan perubahan kehidupan lokal, Nasional dan Global. (rin)