ilustrasi
ilustrasi

Kotogasib (SegmenNews.com)– Terkait dengan air sungai siak berbau busuk yang diduga tercemar limbah perusahaan, tidak hanya membuat ikan mabuk dan mati. Ternyata ada juga empat orang masyarakat Desa Buatan I, Kecamatan Kotogasib, Siak harus berobat ke Puskesmas setempat, karena menderita pusing dan mual serta gejala gatal-gatal.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kotogasib yakni Dr Aulia, Rabu (24/4/13), mengungkapkan bahwa, saat ini terdapat empat orang warga Desa Buatan I yang datang ke Puskesmas untuk mendapatkan pengobatan dari tim medis, seluruh masyarakat yang datang itu mengungkapkan pusing dan mual karena menghirup udara saat ditepi sungai siak, dan juga mulai gatal-gatal.

“Sudah empat orang warga Desa Buatan I yang berobat ke Puskesmas ini, mereka menderita gejala penyakit kulit seperti gatal-gatal yang diduga akibat menggunakan air sungai siak yang berbau pada saat ini. Ke empat warga tersebut sudah di tangani oleh para medis untuk di berikan penggobatan,” terang Aulia.

Dengan adanya kejadian ini, Dr Aulis menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Kotogasib, khususnya masyarakat pinggiran sungai siak agar tidak menggunakan air sungai siak saat ini karena tidak baik untuk kesehatan.

“Kita menghimbau kepada masyarakat, sementara ini tidak menggunakan atau mengkonsumsi ikan yang mabuk yang terindikasi pencemaran karena akan menimbulkan penyakit,” ungkap Aulia. (rinto)