porkab-siak-pembukaanSiak (SegmenNews.com)– Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Siak ke lV, Senin (29/4/13) resmi dibuka Bupati Siak Syamsuar di stadion kelurahan Kampung Rempak kecamatan Siak. Pembukaan ditandai penekanan sirine bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Siak, sebelumnya digelar devile 14 kontingen dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

Porkab ke lV ini, mempertandingkan 22 cabang olahraga (cabor) dengan total atlit 2722 dan 519 official. Dari 22 cabor yang dipertandingkan, hanya kecamatan Siak dan Tualang yang mengikuti keseluruhannya, sementara kecamatan Mempura menurunkan atlitnya di 21 cabor, sedangkan Koto Gasib, Dayun, Lubuk Dalam dan Sungai Apit, mengikuti 19 cabor, Minas, Kandis 18 cabor, Kerinci Kanan 17 cabor.

Sementara Sabak Auh, Bungaraya 16 cabor, Pusako 12 cabor dan Kecamatan Sungai Mandau 11 cabor.

Dari seluruh cabor tersebut, masing-masing atlit akan berupaya memperebutkan 1156 medali terdiri dari 358 medali emas, 358 perak dan 440 medali perunggu.

Dikatakan Bupati, Porkab adalah ajang pencetakan atlit handal dari setiap kecamatan yang ada, sehingga kedepannya bisa mewakili kabupaten Siak diajang yang lebih tinggi lagi.

“Melalui olahraga, nama daerah bisa terangkat. Untuk itu kita berharap, ajang porkab ini dapat menghasilkan atlit-atlit handal dari berbagai cabang olahraga yang ada, sehingga pada saatnya nanti dapat menjadi wakil kabupaten Siak dalam ajang provinsi, Nasional atau bahkan internasional,” terang Syamsuar.

Selain itu Bupati Syamsuar mengakui, setakat ini cukup bangga pada prestasi atlit Siak karena telah beberapa kali menunjukan keberhasilannya diajang kejurda, bahkan pada PON XVlll beberapa waktu lalu. “Semua itu tentunya sangat erat kaitannya dengan event-event yang kita gelar, salah satunya porkab,” tambah Bupati.(rinto)