ribuan_buruh_siak

Siak (SegmenNews.com)– Sekitar ratusan buruh se-Kabupaten Siak yang tergabung dalam Forum Buruh Kabupaten Siak, Rabu (1/5/13) sekitar pukul 11.00 WIB menggelar aksi demo damai di halaman kantor Bupati Siak, aksi mereka dikawal personil Polres Siak dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Siak.

Dalam aksi damai mereka, diungkapkan beberapa tuntutan diantaranya kenaikan upah, 1 May menjadi hari libur nasional, mengontrol tenanga kerja asing yang ada di perusahaan dan mengutamakan pekerja lokal atau tempatan.

Aksi mereka tersebut diterima Wakil Bupati (Wabup) Siak Alfedri didampingi Kapolres Siak AKBP S.Putut Wicaksono, terkait standar gaji, akan dikontrol lagi, dan tenaga kerja asing akan menggerakkan Disnaker untuk melakukan pengontrolannya.

“Dalam hal ini, tentunya kita akan lebih maksimal lagi dalam mengupayakan upah buruh dan juga terkait tenaga kerja asing yang ada, dan nanti diharapkan Dinas terkait akan mengontrolnya kembali,” terang Alfedri.

Setelah itu para buruh menyerahkan spanduk berisikan tuntutan mereka kepada Wabup Alfedri didampingi Kapolres Siak. Dan para buruh bergerak ke Kecamatan Mempura untuk melakukan penanaman pohon pelindung dan dilanjutkan donor darah di RSUD Siak, hingga kini aksi para buruh masih berlangsung. (rinto)