bupati zakatSiak (SegmenNews.com) – Bertempat di Mesjid Baitur Rahmah Desa Perincit Kecamatan Pusako, Jumat (3/5) Bupati Siak Drs.H.Syamsuar,M.Si menyerahkan zakat kepada 77 Kepala Keluarga (KK) warga kurang mampu di Kecamatan Pusako.

Dari 77 Mustahiq yang menerima zakat berasal dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Siak tersebut, 66 KK diantaranya untuk zakat Konsumtif yang masing masing menerima uang sebesar Rp. 510 ribu dan 11 KK untuk zakat produktif, 10 KK mendapat bantuan ternak kambing masing masing 3 ekor dan 1 KK ternak ikan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua BAZ Kabupaten Siak Drs.H Alfedri,M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Kadri Yavis MPd,Pengurus Kabupaten Siak, Camat Pusako Khairial Azmi, Danramil Pusako Kapten Inf.Sumarno, Kepala Desa se Kecamatan Pusako dan para Mustahiq.

Bupati Siak Syamsuar dalam sambutannya mengatakan bahwa zakat yang disalurkan dari Badan Amil Zakat Kabupaten Siak ini diperuntukan bagi masyarakat kita terutama bagi kaum fakir miskin. “Dengan adanya bantuan zakat tersebut setidaknya dapat membantu bagi keluarga yang kurang mampu yang ada di Kecamatan Pusako,”sebut Syamsuar.

“Dalam membayar zakat kepada para muzakki jangan ada keragu raguan karena zakat ini merupakan perintah Allah SWT yang tercantum di dalam Al Quran dan Hadis dan ini merupakan pedoman hidup kita. Jadi bagi kita orang muslim maka zakat ini wajib kita keluarkan apabila sudah sampai pada nisabnya. Pemerintah Pusat menganjurkan kepada masing masing Kepala Daerah membuat suatu kebijakan yang berkaitan dengan penangulanggan kemiskinan, Salah satu upaya yang bisa kita buat adalah melalui zakat, terang Syamsuar.

Ketua BAZ Kabupaten Siak Drs.Alfedri MSi mengatakan. “Bahwa terhitung Januari hingga April 2013, zakat yang sudah terhimpun di BAZ Kabupaten Siak sebesar Rp.2,3 Milyar. Kita berharap pada tahun ini dana yang terhimpun di BAZ Kabupaten akan meningkat dari tahun lalu yang berjumlah Rp.5,3 Milyar dan merupakan pengumpulan zakat yang tertinggi di Provinsi Riau. Semakin besar zakat yang kita himpun maka semakin banyak saudara saudara kita yang kurang mampu dapat kita bantu,” ujar Alfedri.(adv)