bup sman2Siak (SegmenNews.com) – Bupati Siak Drs H Syamsuar M.Si menegaskan, tidak ada alasan bagi orang tua saat ini untuk tidak menyekolahkan anaknya yang masih dalam usia Wajib Belajar 12 Tahun hingga tingkat SMA.

Disampaikannya, Pemerintah Kabupaten Siak telah menggratiskan biaya sekolah bagi peserta didik dari kalangan tidak mampu serta memberikan bantuan perlengkapan sekolah guna mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Siak. hal tersebut disampaikannya dihadapan majelis guru, wali murid serta siswa saat menghadiri perpisahan siswa kela XII SMAN 2 Siak di Siak Sri Indrapura (4 Mei 2013).

Diceritakan Bupati pada awal masa bertugasnya di Kabupaten Siak, mayoritas putra-putri Kabupaten Siak tamatan SLTP sehingga sulit bersaing dalam dunia kerja dengan dunia luar sehingga berdampak pada sulitnya melakukan perbaikan kesejahteraan. “saat ini sudah mulai kita lakukan perbaikan dibidang SDM, agar tak sulit bagi kita dalam memperbaiki kesejahteraan masyarakat. oleh karena itu pada tahun lalu telah kita laksanakan pencanangan Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun di Kabupaten Siak dengan harapan tak ada lagi anak-anak siak yang tidak bersekolah dikarenakan ketidakmampuan orang tua” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga mendorong putra-putri Siak untuk rajin belajar dan berprestasi agar menjadi orang berguna bagi nusa bangsa, daerah, agama dan orang tua. “tiap tahunnya, putra-putri berprestasi Kabupaten Siak kita kirim melalui program beasiswa ke universitas dan sekolah tinggi terbaik diseluruh Indonesia agar kelak berguna bagi orang banyak, daerah, dan orang tua.  jadi tidak ada alasan tidak melanjutkan pendidikan meskipun orang tuanya tidak mampu.

Dalam Kesempatan ini kami juga menghimbau para orang tua untuk tidak melanjutkan pendidikan anak-anaknya karena alasan membantu ekonomi keluarga. Sebab mempekerjakan anak dibawah umur melanggar UU Perlindungan Anak” tegasnya.

Pada akhir sambutannya Bupati juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen penuh mendukung kemajuan dunia pendidikan Kabupaten Siak melalui anggaran pendidikan yang cukup besar pada APBD Kabupaten Siak. “Perhatian Kabupaten Siak amat besar bagi kemajuan pendidikan didaerah ini, selain menggratiskan pendidikan SD-SMA dan beasiswa berprestasi hingga perguruan tinggi. Fokus kita kedepan juga melengkapi fasilitas belajar-mengajar yang ada disekolah. InsyaAllah nanti juga kita akan cukupkan fasilitas disekolah SMAN 2 Siak ini secara bertahap” ujarnya yang disambut riuh para siswa pada acara tersebut.(adv)