ilustrasi
ilustrasi

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Tahun ini, sebanyak 239 ruang kelas belajar (RKB) sekolah dasar (SD) rusak sedang di Provinsi Riau bakal direhabilitas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bantuan rehab ini dianggarkan melalui APBN 2013 untuk tujuh kabupaten/kota se-Riau.

Dari 239 ruang kelas tersebut meliputi, Pelalawan sebanyak 60 unit, Rokan Hilir 46 unit, Kampar 43 unit, Rokan Hulu 27 unit, dan masing-masing 21 unit untuk Bengkalis, Indragiri Hulu, serta Pekanbaru.

“Data ini berdasarkan kuota sementara yang ditetapkan Kemendikbud. Kita mengetahuinya beberapa hari lalu, saat melakukan rakornas di Yogyakarta,” ungkap Kasi SD Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Zainuddin, akhir pekan lalu.

Dengan hasil kuota tersebut, terang Zainuddin, selanjutnya Disdik Riau akan mengirimkan data itu ke tujuh kabupaten/kota calon penerima bantuan, agar segera menentukan sekolah mana yang bakal menerima. Karena pusat memberi deadline data tersebut sudah harus sampai pada 14 Juni mendatang.

“Untuk itu, kita harapkan agar kabupaten/kota calon penerima segera menetapkan sekolah mana penerima bantuan tersebut, selanjutkan dikirimkan ke Disdik Riau, hingga nanti kita lanjutkan mengirimkan ke pusat. Kita harapkan kabupaten/kota tersebut pada akhir Mei ini, sudah menetapkan calon sekolah penerima bantuan tersebut dan datanya dikirimkan ke Disdik Riau,” papar Zainuddin. (Rn/ur)