Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, membuka secara resmi pelaksanaan pra manasik haji Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (7/5/2013) bertempat di Masjid Besar An-Namirah Dalu-Dalu.

Hadir dalam acara tersebut, selain Kakan Kemenag Rohul, juga hadir Camat Tambusai H Zahrial Lutfi SSos, Kepala KUA Tambusai Drs Syamsu Azhari, Ketua MUI H Ahmad Darwis, Ketua IPHI Tambusai H Marto Yosef/H Muslim K, alim ulama, cerdik pandai, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan Jamaah Calon Haji (JCH) Kec Tambusai.

Kakan Kemenag Rohul dalam sambutannya menyatakan, bahwa satu nikmat yang sangat besar bisa mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji, sebab tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk menunaikannya. Banyak orang kaya, hartanya melimpah, waktunya luang, namun tidak mempunyai kesempatan untuk menunaikannya.

Rasa syukur tersebut, hendaknya dimanifestasikan dalam bentuk kesungguhan untuk mempersiapkan diri dalam menunaikan ibadah haji itu. Salah satunya adalah dengan mendalami, menguasai, menghayati tata cara manasik haji itu sendiri, tegas Ahmad Supardi.

Menurutnya, belajar manasik haji, dapat dilakukan secara mandiri dengan mempelajari fiqh-fiqh Islam tentang Haji, atau belajar pada seorang ustaz, dan atau belajar bersama seperti yang kita laksanakan sekarang ini. Belajar manasik haji hukumnya adalah wajib, sebab untuk dapat melaksanakan ibadah haji sesuai syarat dan rukunnya, harus mengetahui ilmu manasik haji.

Sementara itu, Camat Tambusai H Zahrial Lutfi dalam sambutannya, mengharapkan agar seluruh JCH Tambusai dapat mematuhi semua ketentuan yang berlaku di negeri orang, ketika menunaikan ibadah haji nanti. Tanamkan pada diri bahwa ini adalah ibadah haji terakhir bagi anda, sehingga lebih khusuk dalam melaksanakannya.

Kepala KUA Tambusai Drs Syamsu Azhari melaporkan bahwa jumlah JCH Tambusai tahun ini sebanyak 25 orang. Hal ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang ada pada kami bahwa tahun depan, insya Allah JCH Tambusai akan lebih banyak lagi. (r4n)