Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Dalam rangka meningkatkan keterampilan anggota Dharma Wanita (DW) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam bidang masak memasak, khususnya membuat kue, maka pengurus DW Kemenag Rohul taja pelatihan home industry masak memasak buat kue bagi para anggotanya, bertempat di kantor KUA Kec Rambah Pasir Pengaraian, Rabu (8/5/2013).

Acara pelatihan ini dirangkaikan dengan pelaksanaan pertemuan rutin bulanan DW Kemenag Rohul, yang dilaksanakan secara bergiliran antar Satuan Kerja (Satker) Kemenag se Rohul, dimana pada bulan Mei ini tuan rumahnya adalah KUA Kec Rambah Pasir Pengaraian.

Ketua DW Kemenag Rohul Dra Hj Mariam Usemahu Hasibuan, menyatakan bahwa diklat masak memasak kue ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan para ibu-ibu anggota DW Kemenag, sehingga keterampilannya meningkat, minimal dapat memasak berbagai macam kue bagi anggota keluarganya.

Secara jangka panjang sebetulnya diharapkan agar anggota DW ini dapat mendirikan usaha produksi di bidang perkuean. “Syukur-syukur kalau mereka dapat mendirikan home industry dalam keluarga, sehingga dapat menambah penghasilan rumah tangga, sekaligus dapat menciptakan lapangan kerja baru,” tegas Ketua DW berdarah Ambon ini.

Ibu Mariam begitu beliau disapa sehari-hari, mengatakan bahwa untuk tahap awal, DW Kemenag mendatangkan instruktur lokal yaitu Nyonya Martilevi Saleh dari Pasir Pengaraian. Kedepan diharapkan dapat mendatangkan instruktur dari Pekanbaru, sehingga menambah kualitas pengetahuan dan keterampilan anggota DW.

Ketua DW Kemenag lebih lanjut menyatakan, jangan takut dari sisi pemasaran sebab pangsa pasar internal kita saja sudah cukup banyak. Kita punya Raudhatul Athfal (RA), madrasah dan pondok pesantren 80 unit, PDTA 330 unit, KUA Kec 16 unit, PNS 230 orang, Non PNS 960 orang. Semua ini adalah pasar internal yang dapat kita berdayakan. (r4n)