100_3723Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Seluruh anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu di latih dalam meningkatkan kinerja tanggap bencana pada acara Sosialisasi Penyelamatan Evakuasi dan Penggulangan Bencana yang di taja oleh BPBD Riau bertempat di Hotel Putri Bungsu, Selasa (14/5/13).

Diacara tersebut, Bidang Kedaruratan BPBD Riau, H Ferialdi, Skm, Msi memaparkan kegigihan kepala BPBD Rohul, Aceng Herdiana dalam melaksanakan tugas tanggap bencana di Rokan Hulu, beliau dianggap tegas, cepat dalam menangani musibah bencana.

Bahkan Aceng juga gigih memperjuangkan fasilitas, sarana dan prasarana untuk kebutuhan penanggulangan bencana, hendaknya anggota BPBD di Rohul juga harus bekerja giat dan tanggap sesuai tupoksi mereka masing-masing.

Disamping itu, Aceng Herdiana, mengharapkan Sosialisasi Penyelamatan Evakuasi dan Penggulangan Bencana yang dilangsungkan selama 2 hari ini dapat memperdalam ilmu proses evakuasi dan penyelamatan korban bencana seperti, bencana puting beliung, banjir, kebakaran dan lainnya.

Walaupun resiko kebakaran di Kabupaten Rokan Hulu masih relatif, namun anggota harus lebih memperdalam pengetahuan tanggap bencana tersebut.

Aceng juga menghimbau kepada masyarakat, pihak perusahaan dan pelaku usaha lainnya agar berperan aktif dalam mengurangi resiko bencana, seperti bencana puting beliung. Pohon-pohon yang terlalu inggi agar di pangkas.

“Kita akui kami masih kurang sosialisasi, oleh itu melalui media kita himbau masyarakat, perusahaan dan pelaku usaha bersama-sama mengurangi resiko bencana,” imbaunya.

Selain itu, dalam waktu dekat BPBD Rohul akan melakukan simulasi evakuasi korban banjir menggunakan perahu bantuan dengan mesin 40 PK, agar anggota cekatan dan mampu mengoperasikannya,” ungkapnya.

Diakui Aceng saat ini BPBD Rohul memiliki 2 motor Trail, 4 unit perahu komando (perahu karet) dan 2 mesin, sedangkan Mobil kebakaran ada 4 unit, 3 di PasirPangaraian dan 1 di Kecamatan Ujung Batu. (r4n)